oleh

Bermodal Semangat dan Tekun Belajar Bahasa Asing Alumnus Poltera Berhasil Mendapat Beasiswa ke Taiwan

Sebanyak enam orang alumni Politeknik Negeri Madura (Poltera) berkesempatan melanjutkan studi ke luar negeri. Salah satu alumnus Poltera yang berhasil mendapat beasiswa ke luar negeri itu, adalah Andri Dwi Laksono yang mengikuti program 2+1 Industri Academia Collaboration di Taiwan.

Kabarmadura.id/Sampang, SUBHAN

Berkesempatan mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri merupakan kebanggaan tersendiri bagi pria kelahiran Pamekasan 31 Juli tahun 1997 lalu itu. Terlebih, beasiswa pendidikan itu digagas oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama Taipe Economic and Trade Office (TETO).

Kepada Kabar Madura, dirinya menceritakan, saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), dirinya kerap dibully oleh teman seangkatannya karena kurang mahir dalam bahasa Inggris, namun setelah masuk di bangku kuliah dirinya termotivasi untuk belajar bahasa asing.

Terlebih menurutnya, menguasai bahasa asing saat kuliah di kampus negeri merupakan sebuah keharusan. Terlebih, untuk belajar bahasa asing saat ini sangatlah mudah, tidak hanya di tempat kursus tapi juga bisa otodidak melalui internet asalkan selalu konsisten.

“Mungkin yang bisa membuat saya ke luar negeri dengan jalur beasiswa ini karena saya senang belajar bahasa asing, bukan hanya bahasa Inggris, kadang juga belajar bahasa Jerman dan Perancis melalui youtube dan saya tetap semangat, konsisten atas apa yang saya yakini dan percaya,” tutur Andri kepada Kabar Madura, Senin (4/11)

Dirinya mengakui, terdorong memilih negeri Taiwan, karena Taiwan merupakan negara dengan kemajuan industri yang begitu pesat, seperti teknik kelistrikan, serta teknik-teknik industri lainnya .

“Saya berharap setelah menyelesaikan program S1 di Taiwan ini, saya bisa melanjutkan kuliah S2 di Jerman atau di Perancis melalui beasiswa lagi, kami harap adik-adik mahasiswa khususnya di Poltera bisa lebih baik dari saya,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Madura Dr. Arman Jaya mengucapkan, selamat kepada enam Alumni POLTERA yang meneruskan langkah dua alumni POLTERA sebelumnya lanjut studi ke luar negeri melalui program yang digagas oleh Kemenristekditi ini.

Program yang digagas kementerian itu tidak hanya studi lanjut di universitas mitra luar negeri, tetapi mereka juga akan magang di perusahaan-perusahaan di Taiwan.

“Saya ucapkan selamat, ini peningkatan yang luar biasa, jika pada tahap I hanya ada 2 orang yang lolos, tahap ini sudah ada 6 orang yang lolos, ini menunjukkan ada peningkatan SDM dan prestasi di POLTERA yang kita cintai ini,” terangnya dengan penuh rasa bangga.

Adapun enam orang alumni POLTERA yang lolos program 2+1 ke Negeri Taiwan itu, di antaranya, atas nama Anggika Lutfi Dzuhuri, M Imam Mawardi, Khairul Umam, Riang Triandono, Silvi Susanti Lisdyawati dan Andri Dwi Laksono yang merupakan putra daerah asli Madura kelahiran Pamekasan. (pin)

 

Komentar

News Feed