Berpengalaman Sejak Kuliah, Bupati Pamekasan Dijadikan Motivator Peserta WUB

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID | PAMEKASANGuna menjaga atmosfer pemikiran para peserta pelatihan program Wirausaha Baru (WUB), Millenial Talent Hub (MTH) menggelar workshop motivasi untuk seluruh peserta WUB. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Peringgitan Dalam Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (13/10/2021).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Supriyanto menjelaskan, kegiatan tersebut bagian dari program WUB. MTH merupakan wadah bagi seluruh peserta WUB untuk memecahkan segala kendala yang dihadapi oleh para peserta pelatihan WUB.

“MTH ini untuk mewadahi keluhan peserta WUB untuk ditangani bersama. Misalkan masalah pemasaran, kami juga mengundang dari Disperindag,” ucapnya.

Pada kegiatan workshop motivasi ini, pihaknya menjadikan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sebagai motivator. Sebab, alumnus Universitas Muhammadiyah Malang itu dinilai memiliki segudang pengalaman, termasuk dalam dunia wirausaha. Saat kuliah, pria yang akrab dipanggil Mas Tamam itu sudah bergelut di dunia wirausaha.

Selain itu, pihaknya juga mengundang Rian Utama sebagai Konsultan Bisnis Integritas dan Produktivitas dari Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan MTH pertama di tahun 2021. Sejatinya, kegiatan itu sudah direncanakan sejak lama. Namun sebelumnya sempat terkendala oleh wabah Covid-19. Bahkan, kegiatan itu diharapkan bisa digelar secara luar jaringan (luring).

“Syukur karena bupati mengeluarkan edaran berisi imbauan agar ASN dan seluruh tenaga honorer untuk menggunakan produk UMKM yang dalam hal ini juga produk WUB,” tambahnya.

Menurut Koordinator Fasilitator Peserta WUB Pamekasan Taufiqur Rahman, kegiatan itu digelar di akhir kegiatan pelatihan untuk menyemangati peserta WUB yang sudah dilatih. 142 peserta mengikuti kegiatan tersebut secara virtual. Di setiap kecamatan terdapat 10 peserta yang telah memiliki produk dan diikuti oleh 12 peserta yang telah memiliki usaha.

Pihaknya telah melatih 800 peserta WUB di tahun ini. Sebagaimana pagu anggaran yang telah disiapkan, pihaknya menargetkan 2.500 peserta dilatih pada tahun ini. 1.600 orang akan dilatih secara langsung oleh fasilitator. Kemudian sisanya akan dilatih melalui pendampingan dan workshop.

“Ini agar peserta tidak patah semangat. Di saat mereka agak kendor, kami pupuk lagi dengan cara seperti ini,” ucapnya.

Bupati Pamekasan mendorong semangat para peserta WUB. Menurutnya, untuk menjadi pengusaha sukses perlu memiliki keinginan dan semangat yang besar. Mereka didorong untuk menjadi pengusaha yang Tangguh yang tidak putus asa hanya karena satu dua kali gagal. Pengalaman berwirausaha sudah digelutinya sejak masih mahasiwa.

“Tidak mudah untuk membangun bisnis. Harus Tangguh, harus kuat. Jatuh sekali harus bangun lagi. Kita akan bantu alat dan modal,” ucapnya.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *