BI Siapkan Beasiswa untuk 50 Mahasiswa IAIN Madura

  • Whatsapp
KESEPAHAMAN: Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim nmeneken kerjasama dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia. Hal itu dilakukan, dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa di kampus yang berkedudukan di Pamekasan tersebut.

Jalinan kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) antara Rektor Institut Agama Islam (IAIN) Madura Mohammad Kosim dengan gubernur Bank Indonesia (BI) yang diwakili Kepala BI Perwakilan Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah.

Dalam MoU yang dilaksanakan di Gedung Multi Center, Rabu (10/7), menghasilkan sebuah kesepakatan, diberikannya  beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi sebesar Rp1 juta setiap bulan selama satu tahun. Agar mereka  bisa memacu semangat belajarnya.

Menurut Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim,  MOU dengan BI tersebut merupakan semangat perbaikan yang akan terus dilakukan di masa kepemimpinannya, sehingga kampus IAIN Madura menjadi kampus yang luar biasa.

“Program ini kami harapkan bisa membawa dampak positif dalam pengembangan diri mahasiswa IAIN Madura,” paparnya.

Menurutnya, para mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut diharapkan menjadi pribadi yang terus menyongsong masa depan dengan baik sehingga bisa menorehkan prestasi yang gemilang.

“Para mahasiswa tentu mampu termotivasi untuk bisa berprestasi, dan mahasiswa yang masih belum bersemangat untuk berprestasi agar bisa ditingkatkan prestasinya dan bisa menerima beasiswa yang akan datang,” jelasnya.

Dia juga  berterima kasih kepada BI yang telah mempercayakan beasiswa prestasi itu untuk maahasiswa IAIN Madura.

“Bagi lembaga kami ini merupakan sebuah penghargaan, karena kami dipercaya sebagai satu-satunya perguruan tinggi islam negeri di Madura yang menerima beasiswa dari BI,” ungkapnya.

Mengenai mekanisme untuk mendapatkan beasiswa tersebut, mahasiwa  harus ikut seleksi administratif  dan tes mengaji Alquran yang dilakukan tim dari IAIN Madura. Kemudian yang terakhir, tes wawancara yang dilakukan langsung oleh tim dari Perwakilan BI Jawa Timur.

Kuota pendaftar untuk memperoleh beasiswa dari BI dibatasi sebanyak 149 mahasiswa, kemudian diseleksi menjadi 80 orang (seleksi administrasi dan tes ngaji), setelah itu ikut tes wawancara untuk disaring menjadi 50 orang penerima.

Jatah beasiswa tersebut diberikan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Febi) dan Fakultas Syariah(Fasa) IAIN Madura.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah mengatakan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa IAIN Madura, dinilai dari mahasiswanya yang aktif dan punya semangat belajar yang tinggi.

“Jadi kami memberikan beasiswa kepada kampus yang mahasiswanya aktif dan dinamis, karena bangsa Indonesia  butuh generasi muda yang mandiri dan profesional dan berakhlak, kami ingin mencetak calon-calon tenaga profesional, calon-calon rahmatan lilalamin nantinya, jadi diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan wujud pengaplikasian dari ilmunya,” pungkasnya. (km47/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *