Bidik SDM Berkualitas dan Berdaya Saing, PSDKU Polinema Pamekasan Menuju Kampus Unggul

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENUH MOTIVASI: Koordinator Program Studi Luar Kampus Utama (PSDKU) Polinema Pamekasan Ach. Muhib Zainuri terus berinovasi demi menyajikan perkuliahan yang berkualitas.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Ketersediaan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing, saat ini menjadi fokus konsentrasi dari Program Studi Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Malang (Polinema) Pamekasan. Lembaga pendidikan yang diresmikan 15 April 2021 ini, berkeinginan menjadikan kampus unggul dan pilihan generasi muda.

Koordinator PSDKU Polinema Pamekasan Ach. Muhib Zainuri mengatakan, berdirinya PSDKU Polinema dilatarbelakangi oleh keinginan pemerintah. Tujuannya, untuk memfasilitasi generasi muda demi memperoleh ilmu pengetahuan di perguruan tinggi berbasis vokasi dan unggul dalam persaingan global.

“Kami ingin memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan pesan undang-undang, yang diprioritaskan kepada seluruh anak bangsa,” ujarnya, Senin (17/11/2021).

Sedangkan sejarah adanya PSDKU Polinema Pamekasan berawal dari tahun 2014. Saat itu, mulai merintis berdirinya Akademi Komunitas Negeri (AKM) atas permintaan pemkab kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud Ristek RI).

“Jadi saat berdiri AKM, kampus kami masih numpang ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Pamekasan, khususnya pada program studi (prodi) teknik otomotif elektronik, dan di SMKN 1 Pamekasan untuk prodi akuntansi manajemen,” papar pria yang kerap disapa Muhib.

Seiring dengan respon masyarakat yang cukup antusias, tahun  2017 berubah menjadi program kampus di luar domisili yang berinduk ke Polinema. Kemudian tahun 2021 baru berdirilah PSDKU Polinema Pamekasan. “Ketika mendapatkan sambutan yang luar biasa oleh masyarakat dibangunlah gedung kuliah yang bisa menjadi lokasi perkuliahan,” jelasnya.

Muhib menghaturkan, pemkab selama ini sudah mendukung penuh atas berlangsungnya perkuliahan di PSDKU Polinema Pamekasan, mulai dari adanya hibah lokasi lahan seluas 5 hektar hingga adanya dana hibah sebesar Rp2 miliar di tahun 2021. Sedangkan dalam perkembangannya, PSDKU Polinema Pamekasan perlu dibenahi. Terutama, persiapan untuk menjadikan kampus unggul pilihan masa depan.

“Tentu kendala kami di sarana dan prasarana (sarpras), karena gedungnya masih belum representative, itu yang menjadi  persoalan. Kemudian pandemi Covid-19 yang juga dialami oleh semua perguruan tinggi. Kami ingin menyelenggarakan sistem pendidikan terapan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, khususnya di Pamekasan dan utamanya di Indonesia,” harapnya.

Hal senada diungkapkan, Ketua Prodi (Kaprodi) D3 AM dan D4 AKM PSDKU Polinema Pamekasan Pramana Yoga Saputra. Menurutnya, untuk perkuliahan selama ini berjalan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) yang ketat. Bahkan, berbagai persiapan mengenai perkuliahan mulai dioptimalkan. Dengan ketentuan menekankan 60 persen fokus pada praktik dan 40 persen fokus ke tataran teoritis.

“Kami siapkan prosesnya dulu untuk kurikulum segala macamnya, untuk jadwalnya dan materi serta silabusnya dan lain-lain. Karena berbagai macam penerapan ini merupakan resep dalam proses pembelajaran terhadap Mahasiswa kami,” bebernya. ()

Jumlah Prodi di PSDKU Polinema Pamekasan

  • D3 Manajemen informatika (AM)
  • D4 Akuntansi Manajemen (AKM)
  • D4 Teknik Otomotif Elektronik (TOE)

Jumlah Dosen dan Mahasiswa

  • 2 orang PNS
  • 4 orang tenaga kontrak
  • 5 orang dosen luar biasa (LB)
  • 35 Mahasiswa semester I

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *