oleh

BIG: Penanganan Sampah Kurang Diseriusi

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Komunitas ‘Bangkalan Ikhtiar Gemilang’ (BIG) mengadakan forum group discusion (FGD) dengan tema penanganan sampah dari hulu ke hilir, Minggu,(31/3). Peristiwa banjir dan genangan air yang kerap melanda Bangkalan usai hujan, mendorong BIG yang dalam beberapa pekan ini fokus mendiskusikan masalah penanganan sampah di Bangkalan.

Tofan selaku koordinator kegiatan menjelaskan, Bangkalan harus bersih dari sampah, jika tidak, selamanya akan kebanjiran saat hujan. Karena dari hasil pengamatan yang dilakukan komunitasnya, sampah di Bangkalan kurang mendapat perhatian, baik dari pemerintah dan masyarakat.

Sebab menurutnya, sampah harus dikelola dengan baik dan benar. Jika dibiarkan tanpa ada pegelolaan yang benar, akan mendatangkan dampak negatif, seperti pencemaran lingkungan dan banjir.

“Bangkalan sering terjadi banjir dan itu tidak hanya terjadi di satu titik, itu dampak dari sampah yang tidak dikelola dengan baik.”  tuturnya.

Mantan aktivis GMNI Surabaya tersebut melanjutkan, sampah harus dikelola dari hulu ke hilir. Namun, sampai saat ini yang menjadi kesulitannya adalah bagaimana membangun penyadaran terhadap semua elemen. Salah satu poin FGD di malam itu adalah bagaimana membangun kesadaran masyarakat terhadap sampah.

“Salah satu poin yang menjadi titik pembahasan FGD malam ini yaitu masyarakat harus sadar terhadap adanya sampah. Mulai dari pembuangan hingga daur ulang.” jelasnya

Pria yang sekaligus menjabat sekjen DPD Partai NasDem Bangkalan tersebut melanjutkan, BIG sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab Bangkalan agar mengelola sampah ini dengan benar.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab Bangkalan, Dan ternyata pemkab antusias dan sangat merespon rekomendasi dari BIG,” pungkasnya. (km46/waw)

Komentar

News Feed