Bisnis Pesantren Nurul Holil Bangkalan, Dari Pengolahan Sampah hingga Toko Modern

Pesantren Nurul Cholil
(KM/FATHURROHMAN) BISNIS: Tampak seorang pemuda berjalan di depan salah satu milik Pesantren Nurul Cholil Bangkalan NC Mart.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Perkuat pembiayaan pada keberlangsungan pondok pesantren (ponpes) secara mandiri, membuat pengasuh atau pengurus berinisiatif merambah pada dunia bisnis. Seperti yang dilakukan di Pesantren Nurul Cholil, Jalan KH. Moh. Kholil Gg. III No. 10, Kelurahan Demangan Bangkalan.

Sekarang, terdapat beberapa bisnis yang dijalankan. Di antaranya pengolahan sampah, pabrik air minum kemasan, toko modern, dan dua bisnis yang dipasarkan melalui aplikasi online yaitu kaos sablon dan produk makan ringan olahan. Seluruh bisnis itu dikelola langsung oleh koperasi pesantren (kopontren).

Pengurus Kopontren Pesantren Nurul Cholil Bangkalan Mudoffar mengutarakan, omzet dari bisa bisnis tersebut sudah lumayan. Bahkan ada sebagian bisnis yang telah memiliki cabang.

Bacaan Lainnya

“Di sini ada beberapa bisnis yang sudah lama berjalan. Salah satunya ada toko modern NC Mart yang sudah berjalan sejak lama dan sudah memiliki 8 cabang yang tersebar di beberapa kecamatan,” ungkapnya, Rabu (30/3/2022).

Dijelaskan, pihaknya membangun bisnis ini dalam rangka memberdayakan santri dan alumni serta untuk keberlangsungan dan perkembangan pesantren. “Dari bisnis pesantren, alhamdulillah banyak santri dan alumni yang dipekerjakan, hasilnya juga untuk pengembangan pesantren,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Mudoffar menyebutkan, terdapat produk unggulan dari Pesantren Nurul Cholil yang sudah masuk pada program One Pesantren One Produk (OPOP) Jawa Timur.

“Kami ada dua produk yang sudah masuk OPOP Jatim sejak tahun 2019, kaos dan baju produk tailor dan sablon kami, sedangkan satunya makanan ringan olahan. Sekarang pemasarannya selain di toko milik pesantren juga melalui aplikasi online, jadi pemasarannya mencakup skala nasional,” pungkasnya.

Reporter: Fathurrohman

Redaktur: Sule Sulaiman

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.