BK Catat Kinerja Baik Anggota DPRD Sumenep hingga Akhir Tahun

  • Whatsapp
(FOTO: DPRD for Kabar Madura) DISIPLIN: Menjelang akhir tahun 2021, kinerja anggota DPRD Sumenep masih tercatat cukup baik. Bahkan kedisiplinannya dalam kegiatan kedewanan juga bagus.

KABARMADURA.ID | SUMENEPKetua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Sumenep Sami’oeddin menilai kedisiplinan anggota DPRD Sumenep cukup baik. Bahkan, tidak pernah absen di setiap kegiatan. Pada akhir tahun 2021 ini, masih terpantau cukup bagus.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tingkat kehadiran mereka, khususnya pada sidang paripurna yang selalu dihadiri sekitar 40 orang dari sebanyak 50 anggota DPRD Sumenep.

“Yang tidak hadir karena izin ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan,” kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, dalam menerapkan aturan dan tata tertib, BK juga melakukan pendekatan secara personal kepada anggota DPRD Sumenep.

Misalnya ada anggota DPRD Sumenep yang tiga kali berturut-turut tidak menghadiri sidang paripurna, pihaknya menghubungi yang bersangkutan untuk mengetahui alasannya. Sebab, jika sampai enam kali berturut-turut tidak hadir tanpa keterangan, kan ada sanksi.

“Antara ketua BK dan anggota sangat bersinergi, termasuk pada anggota DPRD lainnya,” tandas Sami’oeddin.

Kedisiplinan anggota DPRD Sumenep juga dibuktikan dengan tidak adanya  yang absen melaksanakan reses untuk menyapa konstituennya.

Menurut pria yang akrab disapa Samik itu, anggota DPRD merupakan jabatan politik, sehingga pendekatannya juga dilakukan dengan metode pendidikan politik. Pendekatan yang dimaksud, yakni melalui meminta yang bersangkutan untuk menyampaikan berbagai kendala yang menyebabkan ketidakhadirannya dalam kegiatan di legislatif.

“Kami berharap sikap DPRD Sumenep yang selalu disiplin dalam berkegiatan dapat dipertahankan. Jika perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep itu berharap serta meminta kepada pihak Sekretariat DPRD Sumenep untuk memberikan tenaga ahli yang nantinya bertugas mendampingi BK dalam melakukan berbagai kajian, sehingga kinerjanya mampu lebih maksimal. Kinerjanya. lanjut Samik, juga perlu diawasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) serta jurnalis.

Selain itu, dirinya juga berbenah diri. Pihaknya melakukan pembahasan awal tentang tugas dan fungsi BK. Hal itu dinilai perlu, mengingat sebagian besar merupakan orang baru di BK, sehingga diperlukan pemahaman dan pendalaman.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *