BK Rp7 Miliar untuk 14 Desa di Sampang Terancam Hangus

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) BANTUAN: Desa akan dapat bantuan program fisik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan pagu anggaran Rp500 juta

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Realisasi bantuan dana segar sebesar Rp500 juta, dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk desa terancam molor. Meski sudah memasuki akhir tahun, namun sampai saat ini dana tersebut tak kunjung disalurkan.

Kasi Perencanaan dan Pembangunan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Moh. Rudy Susanto menyampaikan, bantuan dari provinsi untuk 14 desa hingga saat ini tidak ada proses lebih lanjut. Artinya masih sebatas survei oleh petugas provinsi.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, tidak dilakukan proses lebih lanjut dikarenakan biro provinsi sedang lockdown selama 14 hari. Sebab ada petugas yang terpapar Covid-19. Sehingga diprediksi dalam minggu kedua pada bulan Desember tahun 2020 bantuan tersebut sudah tersalurkan.

“Jika tidak ada kendala mungkin mingu kedua sudah disalurkan, dan sampai saat ini masih tahap survei,” ungkapnya, Kamis (3/12/2020).

Pria yang kerap disapa Susanto itu menjelaskan, program tersebut langsung dari pemerintah provinsi, berdasarkan pengajuan dari desa. Adapun bantuannya diberikan berupa dana segar sebesar Rp500 juta. Program tersebut bukan karena dampak Covid-19, sebab 14 desa yang dapat bantuan itu akumulasi dari pengajuan tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu ia menambahkan, bantuan tersebut difungsikan untuk program fisik, dan pembangunan tergantung usulan desa, jika pengajuannya balai desa, bisa berbentuk balai desa, dan juga bisa jalan dan program lainnya.

Disinggung kriteria dari 14 desa, dirinya mengaku tidak ada kriteria untuk mendapatkan bantuan. Sebab semuanya boleh mengajukan, namun untuk diterima atau tidak sudah ranah provinsi. Yang jelas sebelum melakukan penyaluran petugas provinsi melakukan survei terlebih dahulu ke desa.

“Ini untuk program fisik, dan pembangunannya tergantung usulan di proposal. Untuk pengajuan mendapatkan program ini bisa diajukan ke DPMD Sampang, dan bisa diajukan langsung ke pusat,” katanya.

Kendati demikian, dirinya memastikan bahwa pengerjaan fisik dari program tersebut tidak akan melewati akhir tahun. Sebab semua mekanismenya sudah diperhitungkan dengan baik oleh Pemprov Jatim. Selain itu ia meminta agar program tersebut harus dikerjakan dengan baik. Agar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat setempat.

“Sudah di perhitungkan oleh pemprov, jadi tidak akan molor sampai januari, dan untuk desa yang masuk kategori khusus tidak ada. Semuanya berdasarkan usulan,” pungkasnya. (mal/mam).

GRAFIS: Daftar Desa Calon Penerima Bantuan Keuangan APBD Pemprov Jatim 2020

  1. Desa Tamberu Barat Kecamatan Sokobanah
  2. Desa Nepa Kecamatan Banyuates
  3. Desa Lepelle Kecamatan Robatal
  4. Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong
  5. Desa Tobai Timur Kecamatan Sokobanah
  6. Desa Bulmatet Kecamatan Karang Penang
  7. Desa Kramat Kecamatan Kedungdung
  8. Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan
  9. Desa Kanjar Kecamatan Torjun
  10. Desa Blu’uran Kecamatan Karang Penang
  11. Desa Panggung Kecamatan Sampang
  12. Desa Angsokah Kecamatan Omben
  13. Desa Labuhan Kecamatan Sreseh
  14. Desa Plampaan Kecamatan Camplong

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *