BKD Perkirakan Anggaran Pelaksanaan Pilkades Serentak Menghabiskan Rp15 Miliar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) FANTASTIS: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, menyiapkan dana khusus untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini sebesar Rp15 miliar.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini cukup fantastis. Sebesar, Rp15 miliar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021 dipersiapkan sebagai dana pesta demokrasi di tingkat desa. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan, Sahrul Munir, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, besaran dana tersebut sudah sesuai dengan kondisi pelaksanaan tahun ini. Yakni, harus mematuhi protocol Covid-19. Sehingga, dalam pemilihan nantinya tidak timbul masalah baru dengan bertambahnya masyarakat yang terinfeksi. “Pelaksanaan pilkades tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Saat ini, harus menggunakan protokol Covid 19 yang  ketat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menjelaskan, untuk akumulasi dari dana tambahan pilkades tahun sebelumnya, dari total Rp7,3 Miliar, bertambah RP7,7 miliar. Sehingga, anggarannya meningkat kurang lebih sekitar 50 persen.  “Untuk tambahan Rp7,7 miliar, totalnya menjadi Rp15 miliar,” jelasnya.

Ditegaskan, selain sosialisasi dan sebagainya dana tersebut akan dipergunakan untuk penambahan tempat pemungutan suara (TPS), akibat adanya Covid-19. Bahkan, akan ada penambahan pengamanan, seperti hansip dan petugas lainnya. Sehingga, secara otomatis mempengaruhi dana untuk uang makan dan sebagainya.

Sahrul memaparkan, pada prinsipnya untuk anggaran akan disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan pilkades. Sehingga, semua keperluan yang dibutuhkan bisa terpenuhi. “Saat ini, kami masih membahas tentang refocusing anggaran. Mudah-mudahan, anggaran pelaksanaan pilkades tidak terlalu banyak di refocusing,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Harun Suyitno, meminta peruntukan anggaran yang dikhususkan kepada pelaksanaan pilkades agar dievaluasi dengan seksama. Sehingga,  mampu dipergunakan untuk kepentingan masyarakat. “Kondisi saat Covid-19. Saya berharap pemerintah bisa mengevaluasi secara detail untuk anggaran ini,  harus lebih bijak untuk penggunaanya,” responnya singkat. (rul/ito)

Sumber Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan

  • Anggaran Pelaksanaan Pilkades Serentak Rp15 Miliar
  • Rp7,7 Miiliar Tambahan dari Akumulasi dana di Tahun Sebelum
  • Tahun Sebelumnya Anggaran Mencapai Rp7,3 Miliar
  • Kenaikan Anggaran dari Tahun Sebelum Kurang Lebih 50 Persen

Sumber Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Pamekasan

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *