BKPSDA Tolak Tuntutan Kenaikan Gaji THL Bangkalan

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan-Keluhan para tenaga harian lepas (THL) Bangkalan yang sempat mengadu pada anggota legislatif beberapa waktu lalu, mendapat respon dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Bangkalan.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Yudik yang mewakili Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDA Ari Murfianto mengatakan, mengenai tuntutan para THL untuk segera menaikkan gaji, tidak bisa dikabulkan. Sebab, mengenai gaji, semua diatur oleh Dinas Pengembangan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Gimana-gimananya biar pak Ari yang menjelaskan, mengenai kenaikan gaji bukan BKPSDA yang bisa menaikkan, tetapi BPKAD,” katanya, Kamis (3/10).

Selama ini, menurutnya, THL sudah sejahtera. Sehingga tidak ada lagi yang harus diperhatikan. Bahkan menurut Yudik, bahwa selama ini BKPSDA sudah memperhatikan mengenai nasib mereka yang terkatung-katung dengan status THL.

“Selama ini kan sudah sejahtera, kita juga selalu memperhatikan mereka dan mengusahakan mengenai status THL-nya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi A DPRD Bangkalan mendapat aduan mengenai kesejahteraan para THL. Dalam aduannya, THL merasa nasibnya tidak jelas dan kesejahteraan yang kurang. Sebab, gaji per-bulan para THL ini hanya sebesar Rp1.250.000 dan harus dipotong untuk iuran BPJS.

Ketua Komisi A Mujibburahman yang mendapat aduan tersebut menjelaskan, tuntutan dari THL memohon agar ada keseriusan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mengenai hal ini. Khususnya, dirinya meminta kepada bupati Bangkalan agar memperhatikan hal itu.

“Sementara kenaikan upah yang dari Rp1,2 juga ke Rp1,8 juga itu bukan ranah kami, itu ranah BPKAD dari mitra kerjanya komisi D,” jelasnya.

Mengenai kendala usia THL dan statusnya, Mujibburahman mengungkapkan, semua ditentukan dari pemerintah pusat. Pihaknya hanya bisa melakukan pengawalan terhadap masalah ini.

“Mengenai usia lanjut dan status, itu kita kembalikan ke pusat. Sebab, yang mengatur kan dari pemerintah pusat,” tandasnya. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *