oleh

BKPSDM Hanya Ajukan 400 Formasi CPNS

Kabarmadura.id/Sampang-Kendati kekurangan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sampang, diperkirakan mencapai sebanyak 6.000 formasi, namun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, hanya bisa mengajukan sekitar 400 formasi pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Sampang Arif Lukman Hidayat mengatakan, pihaknya mengaku tahun ini, hanya bisa mengajukan sebanyak 400 formasi CPNS. Sebab, meski kebutuhan ASN oleh Pemkab Sampang diperkirakan mencapai sebanyak 6 ribu orang, pengajuan kebutuhan ASN harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah untuk membayar gaji para ASN.

Dirinya menjelaskan, banyaknya kebutuhan ASN baru, lantaran setiap tahun ASN yang pensiun di Kota Bahari terus bertambah, sementara penambahan ASN beberapa tahun terakhir relatif sangat sedikit.

“Kami tidak bisa mengajukan sesuai kebutuhan pegawai saat ini, karena harus melihat kemampuan keuangan daerah untuk membayar gajinya,” katanya, kemarin (20/10)

Pria yang akrab disapa Yoyok itu membeberkan, terdapat tiga bidang yang diprioritaskan dalam formasi CPNS yang diajukan tersebut, yakni  bidang pendidikan sebanyak 197 orang,  tenaga kesehatan 101, dan teknis serta lainnya 103 orang.

Meski demikian Yoyok mengungkapkan, hingga saat ini petunjuk teknis seleksi CPNS tahun 2019 dari pemerintah pusat  belum turun. Pihaknya mengaku, masih menunggu informasi dan surat resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), guna memastikan formasi CPNS untuk Kabupaten Sampang.

Dirinya berharap, pemerintah pusat bisa mengabulkan permohonan formasi CPNS yang diajukan oleh Pemkab Sampang. Bahkan dirinya berharap, formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat bisa melebihi formasi yang diajukan oleh pemkab, mengingat kebutuhan pagawai sangat banyak.

“Kami hanya sebatas mengajukan, tidak bisa memastikan formasi untuk Sampang berapa. Sampai saat ini, kami masih menunggu surat dari Kemenpan,” pungkasnya. (sub/pin)

Komentar

News Feed