oleh

BKPSDM Sampang: Pengisian Kursi Kepala OPD Tunggu Hasil Uji Kompetensi

KABARMADURA.ID, Sampang -Sebanyak 10 pendaftar pejabat esalon III A-B atau administrator yang memperebutkan tiga kursi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, saat ini tinggal menunggu hasil uji kompetensi yang sudah digelar di Surabaya pada Rabu (14/10).

Adapun kursi yang direbut oleh 10 pendaftar tersebut meliputi Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas pertanian (Dispertan) dan Badan perencanaan, penelitian dan pengembangan Daerah (Bappelitbangda) setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Sampang, Arif Lukman Hidayat menuturkan, pendaftaran kepala OPD saat ini yang dinyatakan lulus administrasi hanya 10 dari 12 pendaftar. Adapun duanya tidak lulus karena dinyatakan administrasinya tidak lengkap.

Adapun tiga OPD yang menjadi rebutan 10 pendaftar tersebut meliputi, kepala DLH terdapat tiga pejabat yang semuanya dari OPD lain, kemudian kepala Dispertan juga ada empat pejabat, tapi dua diantaranya dari OPD lain, selain itu kepala Bappelitbangda yang pendaftarnya ada tiga, dua diantaranya dari OPD lain di lingkungan pemkab setempat.

Pendaftar tersebut semuanya sudah melaksanakan uji kompetensi di Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Tetapi untuk mengetahui nilai dari masing-masing pendaftar hingga saat ini belum diketahui. Namun, pihaknya mengaku biasanya dalam satu minggu nilai tersebut sudah keluar. Sebab, masih akan direkap oleh tim pansel yang terdiri dari berbagai pihak, yakni Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Jatim, dan tim kabupaten sendiri.

“Yang mendaftar jadi kepala tiga OPD ada 10, dan sudah melaksanakan uji kompetensi di provinsi, dan saat ini tinggal nunggu hasilnya saja dari BKD Provinsi,” ungkapnya, Minggu (18/10/2020).

Selain melaksanakan uji kompetensi, 10 pendaftar tersebut masih akan mengikuti pelaksanaan tes makalah yang akan digelar pada tanggal (26/10), kemudian tes wawancara. Sehingga, nama-nama peserta terbaik dari 10 pendaftaran tersebut dikirim ke Bupati Sampang untuk memilih salah satu terbaik dari masing-masing OPD.

“Tes uji kompetensi sudah, dan tahap berikutnya tulisan makalah dan tes wawancara,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Fadol menyampaikan, dalam pelaksanaan seleksi kepala di tiga OPD tim pansel harus professional, sehingga melahirkan sosok figur pemimpin yang berkualitas.

“Saya harap tim pansel profesional dalam seleksi kepala OPD ini, jangan sampai teledor,” singkatnya. (mal/mam)

Komentar

News Feed