oleh

BKPSDM Sampang Sebut Lelang Kepala OPD Sepi Pendaftar

KABARMADURA.ID, Sampang -Proses seleksi terbuka pengisian sejumlah kursi jabatan tinggi pratama (JPT) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang sejatinya sudah dibuka sejak Senin kemarin.Namun sampai saat ini masih sepi pendaftar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumebr Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Arif Lumkan Hidayat mengatakan, hingga kini kekosongan jabatan strategis tercatat sebanyak 15 kepala OPD. Sebab, selama ini masih dijabat oleh Plt, karena seleksi terbuka baru bisa dilaksanakan sekarang.

Namun, untuk saat ini, seleksi terbuka JPT itu hanya menyasar tiga kepala OPD, karena menyesuaikan dengan ketersedian anggaran yang ada. Maka. untuk belasan kursi JPT lainnya masih dalam proses pengajuan anggaran melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) pada tahun anggaran berjalan.

“Yang diadakan seleksi terbuka, baru tiga kepala OPD, meliputi Bappelitbangda (Badan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah), DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan Dispertan (Dinas Pertanian). Tapi sampai hari ini (Selasa 06/10 red) belum ada yang mendaftar,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Yoyok itu menguraikan, abdi negara yang bisa mengikuti proses seleksi terbuka JPT itu harus esalon III A/B, meliputi Kepala Bidang (Kabid), camat atau pejabat administrator dengan catatan tidak melebihi batasan usia maksimal, yakni 56 tahun pada saat mendaftar.

“Pejabat administrator berkisar 50 – 60 orang, tapi tidak semua bisa mendaftar, karena ada batasan usia maksimal,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang Fadol menyarankan, tim pansel agar memilih sosok figur yang memiliki kapasitas yang mumpuni di bidangnya, profesional dan sesuai dengan kebutuhan Sampang saat ini.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, sesumbar akan mempertajam fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi terbuka JPT tersebut. Harapannya, proses seleksi itu dapat berjalan sesuai ketentuan, sehingga mendapatkan sosok figur yang tetap, kompeten dan dapat mewujudkan Sampang Hebat Bermartabat.

“Tentunya kami tetap awasi pelaksanaan proses seleksi ini, dan kami harap mendapat sosok figur pemimpin yang terbaik,” singkat Fadol. (sub/mam)

Komentar

News Feed