Boleh Tarik Uang Pelunasan Biaya Haji, Kemenag Sampang Pastikan Tidak Pengaruhi Daftar Pemberangkatan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBHAN) MENUNGGU: Kementerian Agama (Kemenag) Sampang masih menunggu informasi pemberangkatan haji dari Pemerintah Pusat.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Selama dua tahun terakhir, hanya ada satu orang calon jemaah haji (CJH) yang terpaksa menarik dana pelunasan haji. Sebab, tidak ada kejelasan mengenai pemberangkatan dari tahun 2020 hingga 2021 ini. Hal tersebut diungkapkan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Sampang Fathorrahman, Rabu (4/8/2021).

Menurutnya, pasca penetapan keputusan Menteri Agama (Menag) Nomor 66 tentang pembatalan pemberangkatan jamaah ke tanah suci pada penyelenggaraan haji tahun 2021, tidak ada satupun calon jamaah yang menarik dana pelunasannya. Namun, di tahun 2020 kemarin CJH asal Kecamatan Sreseh menarik dana pelunasan.

“Kalau di tahun 2021 ini belum ada lagi yang menarik sampai sekarang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, alasan calon jamaah yang menarik dana pelunasan haji, lantaran uang yang digunakan untuk melunasi pemberangkatan hasil dari pinjaman. Maka, pasca diputuskan tidak berangkat, langsung menarik dana pelunasannya. Sedangkan ratusan calon jamaah yang lainnya, menyadari dana pelunasan itu tetap dibiarkan.

Sebab, masih berharap bisa berangkat pada tahun berikutnya. Meskipun ratusan calon jemaah sudah melunasi dana pemberangkat pada tahun 2020 lalu. “Meski sudah menarik dana pelunasannya, yang bersangkutan ini masih bisa berangkat tahun depan, tinggal melunasi lagi. Jika ada pemberangkatan nantinya, karena yang bersangkutan masih terdaftar, hanya saja dana pelunasannya yang ditarik, tidak mengundurkan diri,” urainya.

Sebab, calon jamaah yang terpaksa menarik dana pelunasan pemberangkatan adalah hak mereka. Pihaknya tidak bisa berbuat banyak, karena memang diperbolehkan oleh Pemerintah Pusat. “Terserah calon jamaah mau narik apa tidak? toh tidak ada larangan. Prinsipnya, kami hanya melayani,” tukasnya.

Untuk diketahui, jumlah CJH Di Kabupaten Sampang yang berhak melunasi dana pemberangkatan pada tahun 2020 sebanyak 485 orang. Sedangkan, jemaah yang sudah melunasi pemberangkatan haji  sekitar 442 orang. (sub/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *