BPBD Bangkalan Ingatkan Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
(FOTO: KM/PLN BANGKALAN) DIPERBAIKI: Petugas PLN mengkroscek kerusakan tiang listrik, akibat cuaca ekstrim yang melanda Bangkalan dalam sepekan ini banyak pohon tumbang.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN– Beberapa hari belakangan ini Bangkalan diguyur hujan mulai pagi hingga malam. Melihat cuaca yang terus mendung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan mengingatkan adanya cuaca ekstrim tiga hari kedepan.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris mengungkapkan, sesuai prediksi cuaca ekstrim akan terjadi maulai tanggal 5 hingga 11 Desember mendatang. Pihaknya meminta agar mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga deras yang diprediksi akan terjadi hingga sepekan mendatang.

Katanya, imbauan ini berdasarkan rilis yang disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, I Wayan Mustika dalam press release BMKG tanggal 5 Desember 2020 yang diterima Pemerintah Kabupaten Bangkalan lalu.

“Kondisi dinamika atmosfer yang terpantau ini  dari citra satelit diketahui bahwa saat ini angin monsun Asia sudah masuk ke wilayah Jawa Timur,” ungkapnya.

Lanjutnya, dibarengi dengan kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil. Aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang rossby ekuatorial dan gelombang kelvin di wilayah Indonesia juga adanya pusaran angin.

“Sehingga ada sirkulasi siklonik yang terpantau di selatan jawa yang mendorong terbentuknya daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi,” jelasnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Juanda memperkirakan dalam periode tersebut di atas, wilayah di Jawa Timur sangat berpeluang diguyur hujan intensitas deras disertai petir dan angin kencang. Oleh karena itu, dia juga meminta agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim.

Baik puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es dan dampak yang dapat ditimbulkannya. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Untuk menanggulanginya, dia mengaku, akan bersama unsur TNI Polri dan OPD terkait untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga  Legislator Sampang Curigai Pendamping PKH Double Job Hasil Titipan

“Serta kami juga siapkan relawan untuk segala hal guna mengantisipasi dampak yang terjadi, mulai dari kesiapan personil, peralatan dan logistik penanggulangan bencana hidrometeorologi,” tuturnya.

Terpisah, akibat cuaca ekstrim yang melanda Bangkalan dalam sepekan ini. Banyak tiang listrik yang mengalami gangguan akibat terjangan angin dan hujan lebat. Dimana angin dan hujan lebat itu menimbulkan pohon tumbang yang mengenai tiang listrik.

Manajer ULP PLN Bangkalan Pangky Yonkynata menyampaikan, agar lebih aktif melaporkan pohon-pohon yang berpotensi tumbang mengenai tiang listrik. Pasalnya, sejak kemarin sedikitnya ada 20 titik tiang listrik bermasalah atau terganggu akibat pohon tumbang.

“Seperti pohon bambu dan pohon yang tinggi agar dilaporkan pada kami, jadi kami bisa mengantisipasi dengan melakukan pemangkasan,” terangnya. (ina/mam)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan