oleh

BPBD Bangkalan Petakan Wilayah Berpotensi Bencana

KABARMADURA.ID, Bnagkalan -Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang disertai sambaran petir, akan terjadi pada akhir Oktober 2020 hingga Februari 2021. Bencana itu diprediksikan hampir terjadi di seluruh wilayah di Jawa Timur (Jatim).

Prediksi terjadinya bencana itu, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan mulai mengambil tindakan dengan memetakan potensi bencana di Bangkalan. Dari hasil pemetaan, potensi bencana banjir besar terjadi di Kecamatan Arosbaya dan Blega, bencana longsor di Kecamatan Geger, Galis, Kokop, Konang, Tragah dan Kwanyar.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Moris mengaku, jika pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh camat dan kepala desa di Bangkalan. Koordinasi juga sebagai upaya untuk saling berbagi informasi apabila terjadi suatu bencana.

“Kami sudah mengantisipasi melalui para camat dan kepala desa dengan melakukan mitigasi awal sebelum masuk ke puncak hujan,” ungkap Rizal, Minggu, ((25/10/2020).

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Mohni, meminta BPBD meningkatkan kewaspadaan dan persiapan sebagai langkah antisipasi akan bencana yang akan terjadi. Ia juga menginstruksikan agar para camat, kepala desa yang berada di kawasan rawan bencana untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan.

“Karena Bangkalan termasuk dalam daerah yang berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi yakni bencana banjir longsor dan cuaca ekstrem dan kekeringan,” kata Wabup Mohni.

Wabup Mohni juga meminta kepada masyarakat agar lebih waspada, selain itu juga aktif memberikan info apabila terjadi bencana. Sehingga ketika komunikasi itu terjalin, pemerintah setempat bisa segera menindaklanjuti serta mengambil langkah taktis dalam menanganinya dan mengantisipasi bencana.

“Caranya dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara cepat,” tandasnya. (km56/mam)

Komentar

News Feed