oleh

BPBD Dapat Bantuan Alat Pendeteksi Gempa

KABARMADURA.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan memiliki alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami. Alat itu merupakan bagian dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) yang bernama Warning Receiver System.

Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan Rizal Morris mengatakan, alat itu baru ada diterima sekitar enam bulan yang lalu. Dikatakannya, tidak semua daerah mendapat alat canggih itu, sementara  Bangkalan mendapatkan itu karena tercatat daerah yang banyak pesisir.

“Alat ini baru enam bulan kami dapat, karena Bangkalan banyak daerah pesisir dan tidak semua BPBD dapat alat ini,” kata Rizal Selasa (29/9/29).

Dikatakan Rizal, alat itu merupakan peringatan dini gempa bumi dan tsunami, yang terhubung langsung dengan BMKG, setiap hitungan detik ada gempa yang terekam itu pasti muncul.

“Misal ada gempa di wilayah perairan Madura khususnya Bangkalan maka tidak sampai tiga menit setelah ada gempa kami langsung infokan ke stakeholder terutama TNI dan Polri,” ujar Rizal.

Ditambahkan Rizal, alat pendeteksi dini itu setiap hitungan detik, ketika ada gempa di daerah maupun daerah lain maka akan muncul magnitudo dan episentrum. Sehingga segala kemungkinan sudah bisa terdeteksi sejak dini.

“Jadi ini terhubung dengan BMKG pusat, di semua daerah kalau memang terjadi gempa magnitudo berapa, episentrum berapa itu muncul disini, ketika itu masuk di wilayah Bangkalan maka di perangkat ini sudah terhubung peringatan dini,” pungkasnya. (02km/mam)

Komentar

News Feed