BPBD kabupaten Sumenep Hanya Menyediakan Glangsing Sebagai Ganti Perbaikan Sementara Tanggul Jebol

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) LAMBAT: Bencana longsor yang mengakibatkan tanggul jebol di Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep belum diperbaiki.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Robohnya tanggul akibat longsor di Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep hingga saat ini belum ada solusi.  Padahal, masyarakat sangat membutuhkan adanya perbaikan. Sehingga, akses jalan antar dusun tidak tertutup. Hal tersebut diakui, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd Rahman, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, belum ada perbaikan secara masif. Saat ini, hanya memberikan bantuan glangsing agar air tertutup dan tidak meluap. Salah satu penyebab terjadinya longsor, saluran pembuangan air tidak maksimal. Kondisi tersebut, mengakibatkan air tersumbat dan menimbulkan tekanan akibat persampahan. Sehingga, terjadi longsor.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya glangsing Kalau ada Air hujan tidak mudah longsor lagi. Sehingga, keselamatan sementara bisa teratasi dengan cepat. Jadi, masyarakat harus mulai sadar akan pentingnya kebersihan,” ujarnya.

Bencana banjir dan tanah longsor, diawali dengan hujan lebat dalam waktu lama. Untuk longsor, biasanya terjadi di daerah perbukitan dan bantaran sungai seperti di Pasongsongan. Selain itu,  biasanya terjadi longsor dan banjir di daerah Kecamatan Rubaru dan Guluk-Guluk. Untuk itu, masyarakat harus lebih hati-hati dalam menjaga diri, utamanya di daerah rawan banjir dan longsor.

“Tindakan yang paling mudah untuk meminimalisir terjadinya bencana longsor di waktu musim hujan tiba, yakni dengan menanam pepohonan yang bisa menahan tanah, sehingga tidak mudah longsor,” sarannya.

Rahman mengatakan, terdapat beberapa daerah dengan potensi banjir. Masing-masing,  Kecamatan Lenteng, Kecamatan Batuan dan Kecamatan Saronggi. Untuk itu, pihaknya saat ini menyusun rencana sebagai antisipasi terjadinya banjir di daerah tersebut.  (imd/ito)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *