oleh

BPBD Pamekasan Sebut Tidak Ada Anggaran Khusus Penanggulangan Banjir

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  – Memasuki musim penghujan, Kabupaten Pamekasan mendapat ancaman bencana banjir, setelah tahun sebelumnya sempat diguyur hujan lebat hingga tergenang air hujan setinggi 2 meter.

Meski demikian, pelajaran di tahun lalu belum memberikan efek antisipatif. Bahkan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Akmalul Firdaus mengaku tidak punya anggaran khusus penanggulangan banjir.

Sehingga, belum memiliki langkah antisipatif untuk datangnya banjir musim ini. Pihaknya mengaku, hanya bisa memberikan sosialisasi tentang tanggap bencana kepada masyarakat dan membantu warga terdampak banjir dengan membangun dapur umum.

“Bantuan makanan tersebut lantaran tidak memungkinkan memberikan bantuan sembako. Sehingga pemenuhan kebutuhan pokok akan diberikan berupa makanan siap saji. Untuk droping air bersih saat banjir kami belum menyiapkannya,” ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Menurutnya, tidak memiliki anggaran khusus pemenuhan kebutuhan pokok bagi warga terdampak banjir. Kebutuhan pokok tersebut, nantinya hanya akan diambilkan dari anggaran tidak terduga melalui Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Itu nanti sifatnya spontanitas, akan diambilkan dari anggaran tidak terduga karena tidak ada anggaran khusus untuk itu,” urainya.

Pihaknya mengaku, tidak bisa memprediksi datangnya banjir untuk tahun ini, karena masih belum ada koordinasi dengan badan meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) terkait cuaca dan kemungkinan banjir.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Khairul Umam meminta, sejumlah instansi terkait untuk sigap dalam menangani banjir di Pamekasan.

Menurutnya, kejadian tahun lalu cukup memberikan pelajaran bagi agar siaga banjir. Sungai-sungai yang masih tertumpuk oleh sampah dan saluran yang masih tersumbat segera dibersihkan.

“Kami cukup belajar dari tahun lalu. Kabupaten ini tidak dikenal dengan kabupaten yang sering banjir,” responnya. (ali/ito)

 

Komentar

News Feed