BPBD Sampang Pastikan Banjir Terbendung dengan Lima Pompa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) AMAN: Lima pompa air yang dibangun di lima titik di Kabupaten Sampang berfungsi normal untuk mengatasi banjir tahunan.

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Antisipasi penanggulangan bencana banjir di Sampang terus dilakukan. Bahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memastikan, lima mesin pompa bisa beroperasi normal. Kondisi itu diketahui berdasarkan hasil peninjauan tim. Sehingga ketika terjadi banjir, lima mesin akan berfungsi maksimal.

“Kami sudah kroscek langsung kondisi pompa air. Alhasil semuanya normal, karena sudah dilakukan perbaikan, dimana tahun sebelumnya kondisi mesin sempat rusak,” ujar Kepala BPBD Sampang Asroni, Kamis (11/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya,  peninjauan mesin juga dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hasilnya sama, kondisi pompa normal. Sehingga ketika terjadi banjir lima pompa bisa dioperasikan bersamaan. Terjadinya banjir tahun lalu, disebabkan lantaran beberapa mesin pompa tidak beroperasi. Akibatnya tidak mampu mengurangi debit air.

“Kalau lima mesin bisa beroperasi semua akan mengurangi debit air. Meski terjadi luapan tidak lama. Makanya, sebelum intensitas hujan bertambah kami lakukan pengecekan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, peninjauan itu bertujuan memastikan kemampuan dan kesiapan pompa. Sebab tidak menutup kemungkinan banjir kiriman datang secara mendadak. Sementara pemeriksaan teknis dilakukan oleh Dinas PUPR. Namun ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan. Misalnya, pompa dek bukor di Desa Panggung untuk mengatasi genangan di Desa Panggung dan Gunung Maddah Sampang.

Secara umum, ada lima unit pompa. Rinciannya, dua unit pompa air dengan kapasitas pompa 1 meter kubik dan dua unit pompa dengan kapasitas 0,5 meter kubik. Kemudian, satu unit pompa lumpur dengan kapasitas 0,25 meter kubik. Kondisi pompa dalam tahap perbaikan dan dua unit pompa air cadangan disiapkan.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur:  Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *