BPK Jatim Temukan Kejanggalan Pekerjaan Pokmas di Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Sejumlah kelompok masyarakat (pokmas) harus mengembalikan uang negara kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Pengembalian sejumlah uang sesuai hasil rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jatim. Hal ini diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Binamarga Provinsi Jatim di Sampang Moh Haris, Kamis (1/7/2021).  

Menurutnya, nominal pengembalian sejumlah pokmas bervariatif. Mulai dari Rp7 juta hingga Rp 10 juta, bahkan Rp 40 juta. Sedangkan, besaran proyek yang dikerjakan setia pokmas rata-rata Rp100 juta. Hanya saja, jumlah pokmas yang harus mengembalikan uang negara belum diketahui secara pasti. 

“Tapi yang pasti jumlah hasil temuan BPK tidak sedikit. Saya tidak tahu persis jumlah pokmas yang harus mengembalikan uang,” ucapnya. 

Pihaknya mengaku, banyak pokmas yang mendatangi kantornya dan bertanya mengenai pengembalian uang tersebut. Hanya saja, diarahkan langsung ke Dinas PU Provinsi Jatim di Surabaya. Bahkan, salah satu pokmas wajib mengembalikan uang senilai Rp 40 juta. Pokmas yang bermasalah tersebut, terindikasi pokmas baru. 

Sehingga, tidak berpengalaman dalam melaksanakan pekerjaan. Akibatnya, banyak temuan di lokasi oleh tim BPK. Padahal, semua pekerjaan sudah diarahkan sejak awal. Tujuannya, agar kualitas pekerjaan tidak bermasalah. Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil. Fakta di lapangan, masih ada temuan BPK di sejumlah titik pekerjaan fisik yang dilakukan pokmas. 

“Kami harapkan semua pekerjaan tahun ini tetap menjaga kualitas. Karena BPK setiap tahun akan turun ke lokasi untuk mengecek. Jika ada kekeliruan atau ketidaksesuaian, maka harus mengembalikan keuangan ke negara sesuai perhitungan yang dilakukan BPK Jatim,” tukasnya.  (man/ito)

Jumlah Pokmas Penerima Dana Hibah Tahun 2020

  • 602 pokmas dengan sumber dana murni
  • 345 pokmas dengan sumber dana dari perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (P-APBD)
  • Total sebanyak 947 paket pekerjaan tahun 2020

Pengembalian Uang Negara Bervariatif

  • Rp7 juta
  • Rp10 juta
  • Rp40 juta
  • Besaran anggaran pekerjaan rata-rata Rp100 juta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *