BPN Pamekasan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat atas Sertifikat Tanah

  • Whatsapp
KM/IMAM MAHDI GAGAH: Kasi Penanganan Masalah Pengendalian Pertanahan, Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Pamekasan Nur Aminullah Hidayat saat memberikan sertifikat tanah di desa Tamberu Kecamatan Batumarmar.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pamekasan, terlibat aktif dalam penyerahan sertifikat sehat atas nelayan di Desa Tamberu Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Bahkan, BPN mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya memiliki sertifikat tanah.

Kasi Penanganan Masalah Pengendalian Pertanahan, Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Pamekasan Nur Aminullah Hidayat menyampaikan, pihaknya ikut bangga pada masyarakat yang telah mengurus dan mensertifikat tanahnya.

Dengan mensertifikat tanah, hak milik dan hak guna masyarakat terhadap tanah bisa dilindungi dengan kepastian hukum yang kuat. Oleh karenanya, pihaknya mengaku, akan terus berupaya mengajak masyarakat agar proaktif dalam mensertifitkat tanah mereka.

“Kami sangat bangga bagi masyarakat yang mau mensertifikat tanahnya,” katanya, Kamis (1/8)

Dijelaskannya, kategori sertifikat tanah ada dua, yakni lintas sektor (lintor) dan non lintas sektor. Untuk kategor lintas sektor sejauh ini sudah ada sebanyak 150 bidang yang terpenuhi. Dengan demikian, saat ini BPN masih memiliki 250 stok sertifikat bidang tanah bagi masyarakat. Dirinya berharap, stok itu bisa dimaksimalkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Tamberu.

Selain itu, Amin juga mengharapkan pada kepala desa, khususnya Kepala Desa Tamberu, untuk memanfaatkan kesempatan mengukur tanah kembali khusus non lintas sektor yang bisa dimanfaatkan untuk nelayan, petani, serta pedagang.

“Kami mengharap agar peluang ini dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Amin menjelaskan, saat ini kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya sertifikat tanah, menjadi salah satu faktor penyebab jarangnya masyarakat yang memiliki sertifikat tanah, padahal dengan adanya sertifikat tanah, kepastian hukum terhadap hak milik tanah semakin kuat.

“Semoga masyarakat sadar atas pentingnya sertifikat tanah,” pungkasnya. (imd/pin/adv).

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *