BPOPP/SPP Gratis MA di Kabupaten Sumenep Mulai Dianggarkan Pemprov Jatim

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHD) DIBERLAKUKAN: Akhirnya program biaya penunjang operasional penyelenggara pendidikan (BPOPP) atau SPP gratis khusus MA juga dapat direalisasikan. 

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Biaya penunjang operasional penyelenggaraan pendidikan (BPOPP), merupakan dana program pendidikan gratis berkualitas (TisTas) atau SPP gratis. Dana  tersebut bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim.

BPOPP tersebut, khusus Madrasah Aliyah (MA) dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag). Setiap lembaga harus mengajukan proposal, untuk mendapatkan bantuan dana itu. Hal Tersebut diungkapkan, Plt Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan dan Madrasah (Pendma) Kemenag Kabupaten Sumenep Zainurrosi, Kamis (10/12/2020).

Bacaan Lainnya

“Saat ini kami sudah mengajukan proposal mengenai BPOPP atau SPP gratis. Insyaallah Desember ini sudah cair,” optimisnya.

Menurutnya, wacana tentang BPOPP sejak tahun 2019 lalu dan akan direalisasikan tahun 2020 ini. Diberlakukannya SPP gratis, agar tidak terjadi ketimpangan dengan SMA/SMK Negeri dan swasta, bahwa semuanya sama tanpa ada pandang bulu.

“Alhamdulillah saat ini MA juga diperhatikan. Pada tahun 2021, akan terus berlanjut dengan menunggu arahan dari Pemprov Jatim,” ucapnya.

Dia mengakui, MA juga butuh bantuan kesejahteraan para siswa dan siswi. Khusus di Sumenep, ada sekitar 30 atau 40 persen jumlah siswa dan siswi MA yang tidak mampu. Oleh karena itu, hingga saat ini, memperjuangkan MA dalam program TisTas tersebut.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Kabupaten Sumenep, Juhedi mangaku optimis bantuan itu akan terealisasi. Menurutnya, Kemenag sudah memperjuangkan. Bahkan, telah berdiskusi dan mengkaji mengenai SPP gratis. “Memang sudah kami perjuangkan mulai dulu,” ucapnya. (imd/ito)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *