oleh

BPPT dan UNIBA Madura Resmikan Arsinum

Kabarmadura.id-SUMENEP-Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Universitas Bahaudin Nudhary (UNIBA) Madura meresmikan penerapan teknologi air siap minum (Arsinum), Sabtu (28/12).

Selain peresmian penerapan teknologi (Arsinum), kegiatan yang berlangsung di Aula UNIBA Madura itu, juga dilangsungkan serah terima buku inovasi untuk peningkatan penguasaan teknologi.

Ucapan terima kasih oleh Ketua Umum Yayasan Kudsiyah Bahaudin Mudhary, Achsanul Qosasi kepada BPPT. Apalagi sudah hadir langsing untuk meresmikan penerapan teknologi Arsinum, dan telah memberi kepercayaan kepada UNIBA Madura.

Diharapkan, kerjasama antara BPPT dengan UNIBA Madura terus berjalan. Diakuinya, hal itu menjadi kebanggaan bagi Universitas yang mulai digandrungi masyarakat Sumenep itu.

Kepada pihak UNIBA Madura, AQ sapaan akrabnya berpesa, kerjasama berupa penerapan teknologi Arsinum itu merupakan implementasi BPPT kepada masyarakat.

“Jadi harus dijaga betul. Jika nanti dalam perkembangannya bisa dikomersialisasikan, laporkan kepada BPPT,” ujarnya.

Presiden Madura United FC itu meyakini, apa yang dilakukan oleh BPPT bersama UNIBA Madura dalam hal penerapan teknologi Arsinum bermanfaat bagi mahasiawa dan masyarakat Madura.

Sementara itu Sekretaris Utama BPPT Ir Dadan Moh Nurjaman M.T. menjelaskan, instasi siap minum merupakan dari tugas BPPT untuk menjalankan tugas. Di mana salah satunya adalah teknologi tepat guna yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Arsinum yang dihasilkan ini adalah proses panjang dari hasil perekayasaan para peneliti dan perekayasa BPPT. Sehingga menghasilkan fasilitas air siap minum,”

Kapasitas yang dihasilkan oleh alat untuk arsinum mencapai 5 ribu liter per hari. Jadi, sangat cukup untuk dikonsumsi oleh mahasiswa dan civitas kampus UNIBA Madura.

AQ bersama civitas UNIBA Madura, serta pihak BPPT juga meninjau langsung lokasi Arsnum yang berada di kawasan kampus Tera’ Tak Adhamar. Sebelum memasuki ruang Arsinum, dilakukan pemotongan pita sebagai tanda peresmian Arsinum.

Penjelasan secara teknis mengenai Arsinum juga disampaikan oleh pihak BPPT kepada pihak UNIBA Madura. Untuk membuktikan jika air yang dihasilkan layak konsumsi, pihak UNIBA Madura bersama BPPT meminun air yang dihasilkan Arsinum. (ong)

Komentar

News Feed