oleh

BPWS Sediakan Dana Rp5 Miliar Sebagai Pengembangan SDM Wirausaha di Madura

  • KABARMADURA.ID, Pamekasan -Anggaran untuk pembinaan dan pengembangan serta pelatihan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) di Madura cukup fantastis. Yakni, Rp5 miliar, dana ini merupakan anggaran dari Badan Pengembangan Wilayah Surabaya (BPWS).
    Sekretaris BPWS, Sidik Wiyoto mengatakan pelatihan kepada pegiat UMKM dan IKM tersebut sebagai bentuk pembinaan di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Madura. Sehingga bisa berdampak kepada bertambahnya kesejahteraan melalui anggaran miliaran rupiah tersebut.
    “Tahun depan kami akan cetak 1000 lagi, supaya wirausaha pemula semakin lama semakin banyak, karena ciri khas majunya suatu negeri bisa dilihat dari banyaknya pengusaha yang berwirausaha,” ungkapnya Minggu (01/11/2020).
    Menurutnya, berbagai pelatihan di bidang pengembangan SDM sudah berjalan mulai tahun 2008 lalu. Sedikitnya, sudah ada 420 orang yang dilatih berbagai keterampilan sesuai dengan bidangnya. Namun khusus untuk pelatihan makanan dan minuman (mamin) selama kurun waktu 2019-2020 terdapat 120 orang.
    “Dan Goalnya, pada tahun 2019 sudah ada 12 produk UKM dari hasil pelatihan yang masuk ke toko modern,” ucapnya.
    Pihaknya, menegaskan pelatihan kepada pegiat UMKM sebagai bentuk penunjang dalam mendongkrak perkembangan ekonomi masyarakat. Sehingga dengan bekal pelatihan yang diberikan bisa terus berinovasi dalam rangka bertambahnya kesejahteraan masyarakat. “Hasil produknya betul-betul bisa digelar, agar pangsa pasarnya bisa terbuka,”tuturnya.
    Selain itu, pelatihan yang akan digelar sebagai bentuk perhatian kepada para pegiat IKM dan UMKM. Dengan maksud dan tujuan, hasil produksinya bisa bersaing dipasar bebas. “Tujuannya, produk-produknya bisa terlindungi dan terjual,” jelasnya. (rul/ito)

Komentar

News Feed