oleh

Bruno Lopes Sosok Pejuang Sepak Bola Sejati F-BRUNO LOPES

KABARMADURA.ID – Bomber asal Brasil Bruno Lopes tidak asing lagi namanya di Indonesia. Dia saat ini tengah menjadi calon striker asing Madura United atau sebagai suksesor dari Emmanuel Oti Essigba yang tidak melanjutkan kontrak dengan tim berjuluk Laskar Sape Kerrab.

Sejatinya, ini bakal menjadi musim kedua Bruno Lopes di Indonesia. Sebelumnya, dia sudah pernah berkostum Persija Jakarta pada musim 2017. Bahkan, dia menyandang status marquee player.

Di balik kebintangannya, Bruno Lopes tidak meniti karir sepak bola dengan mulus. Dia pernah mengumpulkan uang dari beberapa orang untuk membeli sepatu pertamanya, yakni Diadora.

Bagaimana lebih detail terkait awal karir Bruno Lopes, Jurnalis Olahraga Kabar Madura Syahid Mujtahidy telah melakukan wawancara eksklusif dengan striker berusia 34 tahun ini.

Sudah pernah merumput di Indonesia, apakah anda sudah bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia?

Hanya sedikit, Perlahan-lahan, mengingat kembali. Selamat pagi dan sebagainya, tolong, nomor. Perlahan-lahan, mengingat kembali. Masalah terbesar saya, menggabungkan bahasa, seperti Portugis, Inggris, Spanyol, Jepang, dan Bahasa Indonesia. Ini sangat sulit, terkadang melakukan kesalahan.

Bagaimana awal mula anda meniti karir sepak bola?

Bermain sepak bola ini mimpi saya. Di usia 10 tahun, saya mulai. Di Brasil sangat sulit, karena bapak saya tidak tinggal dengan saya, tidak bisa mendukung saya. Ini masa yang sulit.

Tapi tetap fokus, saya menanti bermain sepak bola profesional. Ini tidak mudah. Ini sangat sulit. Tapi, 18 tahun yang lalu (di usia 16 tahun) menandatangani kontrak profesional pertama. Setelah itu, hingga sekarang 15 tahun, saya menjadi pemain profesional. Ini menjadi cerita bagus, karir yang bagus.

Apakah perjalanan karir anda sudah sesuai dengan ekspektasi awal?

Saat usia 10 tahun yang lalu, saya tidak bisa membayangkan semua momen ini. Saya di mana-mana. Saya bermimpi bermain sepak bola, tidak hingga bisa keliling dunia. (Namun) hanya melihat Ronaldo (legenda Timnas Brasil) yang bagi saya yang terbaik nomor satu, hanya melihat Ronaldo, Ronaldo.

Saya melihat. Saya ingin seperti ini dan stadion full dengan supporter. Ini emosional yang bagus. Saya tidak suka terkenal, saya suka main sepak bola. Saya suka bertanding. Jika saya bisa bermain, saya senang. Jika saya tidak bisa bermain, tidak punya tim, tidak punya pekerjaan, sangat sedih. Ini momen yang sangat sulit, masa yang sangat sulit.

Bagaimana cara anda menggapai mimpimu?

Saya pikir yang paling penting, kalian kejar mimpimu, jika mau bermain, kejar, kejar, bekerja (keras). Saya pikir Tuhan akan memberikanmu. Setelah kamu bermimpi, menggapai mimpimu, ini normal, terkenal, dapat uang, harga mahal.

Tapi bagiku tidak penting, yang paling penting bermain sepak bola, melihat stadion para suporter bahagia. Ini emosional yang bagus. Jika kamu bisa melakukan ini, mencetak gol, memenangkan pertandingan, melihat orang-orang bahagia, saya pulang ke rumah dan bicara ke istri saya, ‘hari ini hari yang bagus’.

Tidak tinggal bersama ayah sejak kecil, bagaimana anda memenuhi kebutuhan dalam meniti karir sepak bola, seperti beli sepatu?

No (saya tidak membeli sepatu sendiri). Saya dibantu teman ayah saya. Teman ayah memberi sedikit, sedikit, sedikit, ok dapat sepatu.

Sepatu pertama saya 15 Dolar (Rp222.367,5 Rupiah). Sepatu pertama saya, sangat spesial. Sekarang, sepatu saya 200 Dolar (Rp2.964.900 Rupiah). Merek (sepatu pertama) Diadora. Sekarang, terkadang mendapatkan sponsor, kalau saat tidak ada sponsor, saya coba sepatu Nike Adidas, saya bisa menggunakan itu.

Jika ada sponsor, lebih mudah, tidak masalah dengan sepatu. Sepak bola, bermain dengan kaki. Saya pikir sepak bola mindset, terkadang sangat capek, saya coba mau berlari kencang, memberi yang terbaik, tapi tubuh saya tidak bisa. Jika kamu punya mindset yang kuat, kamu bisa melakukan semuanya.

Terkadang di pertandingan memiliki momen buruk, kamu butuh mindset yang kuat. Jika kamu punya momen bagus di pertandingan, tetap butuh mindset yang kuat, karena tidak relax.

Sudah ikut latihan sepekan dengan Madura United, apa yang akan anda sampaikan kepada pendukung klub ini?

Saya mau bilang. Saya sangat senang dengan kesempatan ini. Terima kasih telah menyambut saya. Saya akan berikan yang terbaik sepanjang waktu. Saya tidak tahu, bagaimana melakukannya, saya berharap bisa mencetak banyak gol. Tapi setiap pertandingan, saya memberikan yang terbaik. (idy/ito)

 

Komentar

News Feed