oleh

BTT Penanganan Covid-19 di Bangkalan bakal Dikurangi

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Pihak Eksekutif dan Legislatif Bangkalan telah melakukan pengesahan rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021. Dalam pengesahan tersebut tercatat anggaran mengalami penurunan. Sehingga, pihak Pemerintah Kabupaten Bangkalan memastikan juga anggaran penanganan covid-19 tahun 2021 juga mengalami penurunan.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Bangkalan Moh. Muhni. Katanya, secara otomatis penanganan Covid-19 yang ada di bantuan tidak terduga (BTT) tidak sebanyak tahun 2020 nanti. Saat ini Raperda APBD tahun 2021 tinggal Rp2,287 triliun.

“Target kami untuk pembangunan dan apa yang sudah menjadi visi misi bupati,” katanya.

Terkait anggaran penanganan Covid-19 tahun 2021, pihaknya masih menunggu lebih lanjut kebijakan  dari pusat, apakah diadakan refocusing lagi atau mengambil dari anggaran sisa BTT sebelumnya. Sebab, penyediaan anggaran penanganan Covid-19 sudah ada di belanja tidak terduga.

“Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut, kalau dari pusat tambah atau lanjut baru bisa kami sediakan,” tuturnya.

Terkait penurunan anggaran yang akan disediakan untuk penanganan Covid-19 tahun 2021 di BTT, pihaknya masih belum bisa memastikan berapa nominalnya. Dia hanya memastikan, BTT penanganan Covid-19 tahun 2021 tidak sebesar sebelumnya.

“Kami belum tahu persisnya, apakah nanti akan ada bantuan untuk tambahan dari pusat atau diambilkan dari refocusing anggaran seperti sebelumnya, kami masih belum tahu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bangkalan Mohammad Fahad mengatakan, setelah pengesahan dan penandatangan raperda APBD tahun 2021 ini. Kata dia, tinggal menunggu eksekusi dari bagian hukum.

“Ini sudah selesai, tinggal di bagian hukum dan diundangkan,” tandasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed