oleh

Bu Guru Eva, Digugu karena Hobi Menulis

Kabarmadura.id/SAMPANG-Bekerja karena hobi, akan makin memudahkan untuk dikembangkan dan ditularkan kepada warga di lingkungannya. Falsafah itu, tampaknya berlaku bagi Eva Setiyorini. Wanita kelahiran Surabaya 26 Januari 1974 ini, adalah pengajar di SDN Pangarengan 2 Sampang.

Hobinya sebagai penulis, ditorehkan melalui beberapa karya,diantaranya novel inspirasi berisi kisah nyata mantan siswanya yang berhasil menjadi seorang dokter karena ketekunannya,Pelangi Untuk Elena.

Karya-karaynya yang lain seperti kumpulan puisi karyanya berjudulUntaian Kata Hati, antologi puisi bersama penulis bertema pahlawan Jejak-Jejak Sang Pejuang dan antologicerpen berjudul Rhoma.

Karena hobi menulisnya tersebut, Eva juga tidak segan mendorong siswa-siswanya untuk ikut berkarya. Hasilnya, beberapa siswanya berhasil mencetak buku dari karyanya.

“Kuncinya jangan pernah menyerah, karena yang terpenting bagi saya tetap komitmen dalam menulis, sedangkan predikat juara adalah bonus. Alhamdulillah anak bungsu saya sudah menghasilkan karya antologi saat dia masih di kelas 6 dulu, dan sudah ada sebagai siswa yang mulai bisa, tinggal mengembangkan saja,” ulasnya.

Diakui Eva, semua anak ini bisa menceritakan pengalamannya tetapi mereka tidak tahu untuk mengawalinya.

“Maka saya rangsang mereka dengan pertanyaan, gambar, membaca buku cerita dan lainnya agar bisa menulis,” ujar wanita lulusanmagister manajemen itu.

Selama masa status darurat wabah Covid-19, Eva juga getol mengajak siswa-siswanya untuk terus berkarya.  Kesulitan menjalin komunikasi dengan siswa melalui grup di aplikasi WhatsApp.Baik pesan suara ataupun video pembelajaran, dijalani dengan cara intens dan menghubungi siswanya satupersatu,termasuk datang langsung ke rumahnya maupun melalui telepon. Hal itu, karena dari 42 siswanya tidak sampai separuhnya yang memiliki sarana gadget.

“Ada banyak hikmah yang bisa saya dapat selama wabahCovid-19 ini,bisa tahu rumah siswa saya. Kami dituntut tetap sabar dan tidak henti-hentinya memberikan motivasi kepada siswa agar tidak patah semangat,” ucapbu guru Eva ini.

Seluruh siswanya juga selalu diingatkan agar jangan malas untuk membaca, karena membaca akan melatih menulis.

“Apapun yang terlintas dalam benakmu, makatulislah, karena dengan tulisan, kita tidak akan lupa, tetap semangat dan tekun” pungkasnya. (sub/bri/waw)

Komentar

News Feed