oleh

Buka Kembali Destinasi Wisata, Wajib Lolos Verifikasi Protokol Kesehatan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Meskipun wabah Covid-19 di Sumenep belum benar-benar pulih, bahkan pasien terus masih terus bertambah, demi memulihkan perekonomian, Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Sumenep merekomendasikan destinasi wisata dibuka sesuai protokol kesehatan.

Namun anggota Tim Pencegahan Covid-19 Sumenep Rahman Ready menjelaskan, tidak seluruh destinasi wisata yang sudah mengajukan permohonan beroperasi akan mendapat rekomendasi dibuka. Sebab, setelah diverifikasi, masih banyak destinasi wisata yang belum layak beroperasi di masa mewabahnya Covid-19.

“Ya berdasarkan pertimbangan stabilitas perekonomian, maka sudah ada destinasi wisata yang sudah diperbolehkan untuk beroperasi atau membuka kembali, tapi tidak semuanya, kami verifikasi terlebih dahulu sebelum diizinkan,” katanya, Senin (27/7/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep itu juga menyebut, untuk destinasi wisata yang sempat mengajukan tetapi tidak lolos verifikasi, seperti di taman rekreasi Water Park Sumenep (WPS). WPS dinilai belum sesuai standar protokol kesehatan yang memang menjadi syarat mutlak untuk beroperasi saat ini.

Sementara untuk destinasi wisata yang dipersilakan beroperasi dan sudah lolos verifikasi, di antaranya adalah Gua Soekarno, Pantai Salopeng dan Taman Sumekar Indah (TSI). Sedangkan sisanya adalah perhotelan seperti Baghraf, Utami, Suramadu dan Rumah Makan Ontel.

“Setelah diverifikasi, diuji coba selama sepekan, setelah itu akan dievaluasi untuk memastikan prosesnya apakah sesuai dengan protokol kesehatan apa tidak, tapi untuk pengawasan fokus di evaluasi nanti,” pungkasnya. (ara/waw)

Komentar

News Feed