Buka Kembali Tempat Wisata, Pemkab Wajibkan Pengelola Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ IST) BUKA: Tempat wisata di Kabupaten Pamekasan kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pemerintah Kabupaten Pamekasan, kembali membuka sejumlah tempat wisata yang berada di wilayah setempat. Langkah itu diambil untuk memulihkan perekonomian daerah paska penutupan sektor wisata selama beberapa bulan.

Disampaikan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam melalui surat edaran (SE) nomor 556/129/432.320/2020 tentang pembukaan tempat usaha pariwisata dalam tatanan baru, pengoperasian kembali tempat wisata diterapkan dengan sejumlah prosedur.

Bacaan Lainnya

Di antara yang perlu menjadi perhatian, pemilik usaha wajib melaksanakan protokol kesehatan dengan menyediakan sarana cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir bagi pengunjung.

“Menyediakan handsanitizer di tempat yang mudah dijangkau oleh pengunjung dan melakukan penyemprotan disinfektan pada semua tempat lokasi usaha,” lanjutnya.

Selain itu, seluruh karyawan, pedagang, pengunjung, dan pembeli wajib menggunakan masker. Setiap pengelola restoran, rumah makan, cafe, dan warung harus memastikan bahwa semua produk produk dagangannya bersih dan higienis.

Para pemilik usaha juga wajib memasang tirai pembatas di kasir dan penjaga kasir usahakan memakai faceshield (pelindung wajah) serta menerapkan pembayaran tanpa uang tunai.

” Pengaturan jarak antri dan jarak tempat duduk pengunjung minimal 1,5 meter,” tambahnya.

Politisi PKB itu juga menyampaikan, selama pelaksanaan pembukaan tempat usaha pariwisata dalam tatanan kenormalan baru, pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi oleh tim evaluasi penerapan SOP usaha pariwisata secara berkala. Hal itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepatuhan pengelola usaha pariwisata.

“Apabila aturan ini tidak diindahkan akan dilakukan sanksi penutupan hingga syarat protokol kesehatan dipenuhi,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Syafiuddin menyambut baik langkah Pemkab Pamekasan untuk membuka kembali tempat wisata.

Menurutnya, sektor ekonomi merupakan hal penting untuk diberikan perhatian khusus. Terlebih selama wabah Covid-19 terjadi, mayoritas keluhan masyarakat berupa persoalan ekonomi.

“Kami mendukung langkah pemerintah untuk membuka kembali tempat wisata, sebab di sana banyak sumber ekonomi masyarakat, agar ekonomi masyarakat tidak semakin terpuruk,” tukasnya. (ali/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *