Bukber dan Santunan Duafa-Anak Yatim Dilakukan dengan Protokol Kesehatan Covid-19

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HUMAS PEMKAB) SANTUNAN: Bupati Sumenep A Busyro Karim saat memberikan santunan kepada kaum duafa dan anak yatim

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar buka bersama (bukber) dan santunan kepada kaum duafa dan anak yatim, Rabu (13/5/2020) bertempat di Kantor Kecamatan Gapura.

Kegiatan tersebut sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu karena wabah Covid-19, sehingga kegiatan buka bersama dan santunan kepada kaum duafa dan anak yatim tersebut mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Untuk acara yang kemarin (kemarin lusa, red) merupakan kegiatan rutin di bulan puasa. Di mana pak bupati buka bersama dengan kaum duafa dan anak yatim,” kata Kabag Kesmas Pemkab Sumenep Kamiluddin.

Dijelaskan Kamiluddin, sebagaimana tahun lalu, biasanya buka bersama dengan kaum duafa dilaksanakan di Pendapa Agung Kraton Sumenep. Namun tahun ini, karena situasi yang tidak mendukung dengan mewabahnya Covid-19, kegiatan tersebut diletakkan di kantor kecamatan.

Sehingga, lanjut Kamiluddin, kegiatan itu disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19, di mana pelaksanaan pemberian santunan kepada kaum duafa dan anak yatim dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim.

“Buka bersama dan pemberian santunan dilakukan secara simbolis kepada 30 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan lain sebagainya,” tuturnya.

Pasalnya, kaum duafa dan anak yatim masing-masing sebanyak 300 orang. Karena situasi yang tidak memungkinkan, maka santuan akan dijadwal pembagiannya di setiap kacamatan.

“Sebagai simbolis hanya Kecamatan Gapura untuk seremonialnya, selebihnya akan diantar langsung. Akan dijadwal per kecamatan. Bisa saja, satu hari bisa sekian kecamatan pemberian santunan tersebut,” pungkasnya. (imd/ong/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *