oleh

Bukti Komitmen, Pemkab Pamekasan Pertahankan Opini WTP atas LKPD 2019

KABARMADURA.ID, Pamekasan –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan membuktikan komitmen untuk mempertahankan penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) atas keberhasilan penyusunan dalam menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019.

Komitmen itu diwujudkan dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kembali diterima Pemkab Pamekasan.

Penghargaan opini WTP dari Kemenkeu RI itu diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam di Convention Hall Lantai 3 Grand City, Surabaya, Senin  (19/10/2020).

Penerimaan penghargaan kali kelima dari Kemenkeu secara berturut-turut diraih oleh Pemkab Pamekasan sejak 2015-2019 itu, juga disaksikan oleh Ketua DPRD Sampang Fathor Rohman.

Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam  menuturkan, predikat opini WTP itu menunjukkan bahwa LKPD Pamekasan sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP). Pihaknya mengakui, pestasi itu merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen pemerintahan, utamanya organisasi perangkat daerah (OPD) yang semakin baik dalam menyusun laporan keuangan.

Pihaknya sangat bersyukur, karena komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Pamekasan melalui peningkatan kinerja pemerintahan dapat terwujud.

Predikat opini WTP LKPD diakuinya secara langsung memperlihatkan keingingan yang kuat dan sungguh-sungguh seluruh elemen pemerintahan, untuk terus meningkatkan kualitas kinerja, serta membenahi sistem keuangan atau penggunaan keuangan daerah secara baik, transparan dan akuntabel.

“Kami berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berupaya memberikan kinerja yang terbaik, khususnya dalam pemanfaatan keuangan daerah,” ungkapnya.

Politisi PKB itu mengajak seluruh OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan untuk lebih giat dan semangat dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Pihaknya juga mengingatkan agar seluruh elemen pemerintahan tidak mudah puas terhadap apa yang diraih saat ini.

Terlebih, lanjut dia, mempertahankan atas prestasi yang telah diraih sebelumnya tidaklah mudah, butuh semangat serta etos kerja yang tinggi agar bisa mengahsilkan kerja yang luar biasa.

“Ini kerja luar biasa semua pihak dalam upaya akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Ke depan adalah bagaimana prestasi ini terus dipertahankan dan semakin baik,” tegasnya.

Dirinya mengakui, pemerolehan opini WTP tersebut, karena seluruh jajaran di Pemkab Pamekasan bekerja dengan sungguh-sungguh. Di samping itu, seluruh jajaran pemerintahan juga mengikuti aturan sesuai standar pelaporan keuangan sesuai aturan yang ada.

Pihaknya berkomitmen, untuk terus mengevaluasi kinerja dan pengelolaan keuangan daerah agar pemanfaatannya betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Pihaknya juga berharap dukungan dan partisipasi seluruh elemen, untuk terus mewujudkan Pamekasan yang berkemajuan dan berdaya saing dengan kabupaten dan kota maju lainnya.

“Alhamdulillah ini untuk kita semua. Terima kasih atas doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat beraama aparatur pemerintahan untuk selalu mewujudkan Pamekasan maju dan berdaya saing,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Fathor Rohman sangat mengapresiasi capaian yang diraih oleh Pemkab Pamekasan. Pihaknya mengaku bangga atas keberhasilan Pemkab dalam mempertahankan opini WTP terhadap LKPD untuk kali ketujuh secara beruntun.

“Kami sangat mengapresiasi, semoga semua elemen pemerintahan bisa lebih baik dalam mengelola keuangan daerah,” harapannya. (pin/waw/*)

Komentar

News Feed