oleh

Buku Pintar Memahami Dunia Arsitektur

Oleh: Untung Wahyudi

Kota adalah tempat bermukim masyarakat dari berbagai lapisan. Pejabat, masyarakat sipil, orang kaya, orang miskin, gelandangan, pengamen, dan semacamnya. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa kota adalah daerah permukiman yang terdiri atas bangunan rumah yang merupakan kesatuan tempat tinggal dari berbagai lapisan masyarakat.

Arsitektur Kota adalah buku karya FX Budiwidodo Pangarso yang mengupas seluk-beluk kota dan segala arsitekturnya. Bagaimana mengenal tata kota, memahami, serta merawat kota agar tidak kotor, semrawut, dan kumuh—sebagaimana imej kota di mata masyarakat.

Karena itu, penulis menjelaskan bahwa kota juga merupakan fenomena kumpulan manusia, sehingga kesemrawutan dan ketidakteraturan adalah sesuatu yang tak bisa dihindari. Budiwidodo menegaskan bahwa tidak ada suatu definisi utuh tentang kota. Kota (city) mempunyai berbagai pengertian, bergantung pada siapa yang mendefinisikan: ahli demografi, politisi, ekonom, sosiolog, budayawan, arkeolog, ahli hukum atau sejarawan.

Jika dilihat dari pendekatan geografis, kota merupakan tempat pemusatan rekayasa permukiman fasilitas publik. Pendekatan demografis melihat kota sebagai tempat pemusatan penduduk. Sementara pendekatan dari segi ekonomis melihat kota sebagai pertemuan lalu lintas ekonomi, perdagangan, dan kegiatan industri serta tempat perputaran uang dengan cepat dan volume yang beragam (hlm. 21).

Pada abad ke-1 SM, Vitruvius dalam bukunya De architectura, menjelaskan tentang kriteria lokasi untuk penataan kota. Menurutnya, tata kota menekankan pada pertimbangan atas perkara kesehatan lingkungan yang menjadi kriteria utama, khususnya sangat dipertimbangkan terhadap kondisi iklim, dan posisi lahan secara geografis.

Selain itu, pertimbangan terhadap perkara aspek klimatologis lingkungan, dan fenomena-fenomena yang terjadi di alam natural, juga perlu diperhatikan.

Dengan demikian, sejak awal antara penataan (lingkungan) kota dan arsiterktur, merupakan satu kesatuan desain; rencana struktur kota secara historis menjadi pedoman untuk pembangunan gedung dan fasilitas fisik arsitektural (hlm. 18).

Lalu, apakah bentuk kota? Di bidang arsitektur, bentuk tidak dapat dipisahkan dengan strtuktur dan fungsi; maka demikian juga ketika ditanyakan mengenai bentuk kota (urban/city form). Penulis menjelaskan, bentuk kota sesungguhnya merupakan bidang kajian multidisiplin, baik itu arsitektur, geografi, sosiologi, ekonomi, maupun bidang lain yang terkait ilmu bentuk di bidang perkotaan (urban morphology).

Sejalan dengan banyaknya pengertian mengenai kota, pengertian tentang bentuk kota bermacam-macam. Bentuk kota sebagai keseluruhan biasanya dilihat berdasarkan pada pola jalan; maka dikenal pola grid, radio-konsentrik, dan sebagainya. Sering kali suatu kota tumbuh sedemikian rupa sehingga merupakan aglomerasi yang terdiri dari beberapa bagian kota dengan berbagai pola (hlm. 43).

Hal penting yang juga perlu diketahui adalah elemen fisik spasial kota. Elemen-elemen fisik-spasial primer, pada lingkungan perkotaan adalah sosok bangunan atau gedung, yang memiliki potensi sifat massa dan ruang. Elemen-elemen lainnya, pada umumnya merupakan dampak keseturutan setelah dikenali keberadaan elemen basis tersebut (hlm. 54).

Buku ajar Arsitektur Kota yang berawal dari sebuah diktat kuliah dan ditulis sejumlah dosen di Fakultas Teknik Arsitektur, Universitas Parahyangan, ini begitu penting diketahui oleh para mahasiswa untuk memahami arsitektur kota yang semakin hari semakin berkembang.

Selain mengupas secara lengkap mengenai arsitektur kota, buku ini dilengkapi latihan-latihan beserta ilustrasi yang cukup membantu para mahasiswa untuk lebih mudah memahami dan mengenal kota dan segala arsitekturnya. (*)

*) Diresensi Untung Wahyudi, lulusan UIN Sunan Ampel, Surabaya

Judul               : Arsitektur Kota

Penulis             : FX Budiwidodo Pangarso

Penerbit           : Kanisius, Yogyakarta

Cetakan           : Pertama, 2019

Tebal               : 164 Halaman

ISBN               : 9789792162158

 

Komentar

News Feed