BUMDes Diminta Kelola Pariwisata

  • Whatsapp
KM/SUBHAN-TUMPUL: Disporabudpar Sampang menyebut peranan dan fungsi yang dijalankan Pokdarwis dalam memajukan pariwisata perlu ditingkatkan.

Kabarmadura.id/SAMPANG-Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sampang meminta badan usaha milik desa (BUMDes) di berbagai desa, mengelola lokasi wisata. Itu sebagai upaya untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari sektor pariwisata di wilayah itu.

Kepala Bappelitbangda Sampang Toni Moerdiwanto mengatakan, PAD dari sektor wisata di Sampang perlu digenjot, kerena angkanya masih sangat minim, belum sebanding dengan potensi daerah, seperti sektor wisata yang ada dan lainnya.

Selain itu, Tony meminta peran kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan kacong jebbing harus memaksimalkan promosi tempat wisata. Sementara Dinas Pemuda Olah Raga,  Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang terus melakukan pembinaan.

“BUMDes dan pokdarwis, kajong Jebbing serta dinas terkait harus bisa bersinergi dalam mendorong geliat wisata untuk menghasilkan PAD yang lebih besar,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disporabudapar Sampang Aji Waluyo menjelaskan, peranan pokdarwis memang perlu ditingkatkan, karena belum bisa memajukan sektor pariwisata. Saat ini, terdapat enam pokdarwis, meliputi Pokdarwis  Longmalang, Wisata Hutan Kera Nepa, Makam Rato Ebuh, Pemandian Sumber Oto’, Gua Lebar dan Pantai Camplong.

“Kami berupaya membina bersama instansi terkait, termasuk dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Diskumnaker Sampang,” ujarnya.

Berdasarakan cacatan Kabar Madura, di Sampang, terdapat 186 desa/kelurahan, namun yang memimiliki BUMDes masih 150 desa. Sementara BUMDEs yang sudah menghasilkan PADes hanya 52.

Mayoritas usaha BUMDes masih berkutat pada usaha simpan pinjam, pertokoaan, pengadaan air bersih persewaan alat pesta, jasa transportasi, bengkel, sedangkan pengelolaan SDA berupa singkong, kelor, sukun dan produksi tusuk sate dan sebagainya. (sub/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *