BUMDes Sukses Mandiri Memanfaatkan Potensi Lokal untuk Membangun Beragam Unit Usaha

  • Whatsapp
(FOTO: IST FOR KM) BERGELIAT: BUMDEs Sukses Mandiri, Desa Batorasang, Kecamatan Tambelang, merintis dan mengembangan beragam unit usaha untuk memberdayakan masyarakat setempat.

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukses Mandiri, Desa Batorasang Kecamatan Tambelangan, terbilang cukup sukses mengembangkan berbagai unit usaha dengan memaksimalkan potensi lokal.

Ketua BUMDes Sukses Mandiri Muhammad Ali mengatakan, kehadiran  BUMDes tidak hanya untuk menghasilkan pendapatan asli desa (PADes), melainkan agar berbagai unit usahanya bisa menyerap tenaga kerja.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, unit usaha yang sedang berjalan salah satu di antaranya yaitu usaha tusuk sate. Sebab menurut Ali, mayoritas warga di desanya banyak merantau ke Jawa berjualan sate dan kebetulan di daerahnya banyak pohon bambu.  Ia melanjutkan, unit usaha lainnya yaitu usaha agen BRILink. Lantaran, salah satu dusun di Desa Batorasang ada pasar yang menjadi pusat keramaian.

“Kami dalam mengembangkan BUMDes Sukses Mandiri ini dengan memanfaatkan potensi lokal desa yang ada, sehingga bisa terus berkembang dan menyerap tenaga kerja dari warga desa setempat,” ujar Ali, Selasa (23/11/2021).

BUMDes yang berdiri sejak tahun 2017 itu, tambah Ali, dalam perjalannya tidak lepas dari berbagai rintangan. Bahkan, sempat mengalihkan usaha simpan pinjam, lantaran tidak produktif. Saat unit usaha yang dijalankan meliputi sektor perdagangan, yakni penjualan BBM (Pertamini), toko sembako, tusuk sate/sempol, dan sektor kemitraan berupa agen BRILink.

“Yang terbaru, sekarang ini kami sedang mempersiapkan usaha jasa penggilingan pentol, karena potensinya sangat besar dan menjanjikan,” terangnya.

Selama dua tahun dari 2019 dan 2020, BUMDes Sukses Mandiri terpilih menjadi perwakilan Sampang pada salah satu ajang perlombaan di tingkat Provinsi Jawa Timur dan berhasil masuk 10 besar.

“Prinsipnya, kita memanfaatkan potensi desa, sehingga tetap eksis dan terus berkembang hingga saat ini, bahkan setoran PADes terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya.

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *