oleh

Bunda Nayla: Mendongeng Dapat Hidupkan Imajinasi

Kabarmadura.id/Pamekasan– Mendongeng harus membudaya. Utamanya dalam kehidupan berumah tangga. Anak-anak mesti dilejitkan imajinasinya. Menghadirkan dongeng dalam kehidupan mereka adalah jawabannya.

Demikian ditegaskan Bunda Nayla Badrut Tamam saat menjadi pemateri dalam workshop Bunda Mendongeng di Hari Dongeng Nasionaldi Pendopo Ronggosukowati, Kamis (29/11/2019). Kepada seluruh peserta, istri Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam tersebut menekankan agar gemar membaca dongeng untuk diceritakan ulang kepada anak-anaknya.

“Saat ini banyak bahan untuk mendongeng. Membaca literasi yang mengandung dongeng perlu dilecutkan dalam kehidupan kita. Selanjutnya, hasil bacaan itu dihadirkan kembali ke dunia anak-anak kita, menggunakan bahasa cerita versi kita,” ujar Bunda Nayla.

Maknamendongeng, baginya, dapat memantik semangat anak untuk senangdanmencintaicerita, buku, dandaricerita-ceritaitubisa terciptaimajinasi di dalamotak. Kemampuandalamberpikirdanmembayangkanhal-hal di otakadalahkuncikesuksesan di masadepan.

“Menguatkan imajinasi anak sangat membantu masa depan mereka. Lewat dongeng, imajinasi dapat terbentuk secara maksimal. Itu penting diketengahkan dalam kehidupan berkeluarga dan di dunia pendidikan,” paparnya.

Diterangkan, berbagai ide dapat terpantik melalui imajinasi. Ituurgen sekali guna diwujudkan dalamdunianyata. Tanpaimajinasi, banyakhalmungkintidak akantercipta di duniaini.

Selainmenguatkan kemampuanimajinasi, mendongengjugadapatmenumbuhkansemangatberceritadanmembacapadaanak. Untukitu, Bunda Nayla mengajak para orangtuauntukmeluangkanwaktumendongengbagianak-anaknya.

Pihaknya memohonkepadaorangtuauntukmembacakandongengkepadaanak-anaknya. Diupayakan dilakukansetiapmalamkepadaanak.

“Tidak hanyaibunya, Bapaknyajugaharusikutanberpartisipasi. Proaktif dan kekompakan orangtua adalah modal utama anak dalam meraih mimpi-mimpi indah hidupnya. Darinya cita-cita tinggi dapat membumi di kemudian hari,” tukasnya.(fer/nam)

Komentar

News Feed