Bupati Bangkalan Lantik 111 Kepala Desa Secara Virtual

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) RESMI DILANTIK: Bupati Bangkalan melantik 111 kepala desa di pendopo beberapa waktu lalu.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Pelantikan 111 kepala desa (kades) terpilih tahun 2021 terlaksana pada Rabu (28/7/2021) secara virtual. Sebelumnya, pelantikan tersebut sempat tertunda. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan menyerahkan proses pelantikan di masing-masing kecamatan.

Awalnya ada 117 kades terpilih dari pemilihan kepala desa (pilkades) bulan Mei lalu. Namun, karena 6 kades terpilih meninggal, DPMD Bangkalan melantik 117 kades. Kepala DPMD Ahmad Ahadiyan Hamid melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Handiansyah mengatakan, pelantikan yang digelar hari ini (Rabu, red) hanya akan dihadiri oleh satu kades terpilih.

“Jadi kami mulai jam 1, semua kades harus siap di masing-masing kecamatan memakai baju rapi. Pelantikan yang dilakukan secara virtual ini kami serahkan ke kecamatan karena sekarang dilarang tatap muka sebab PPKM Level 4,” katanya saat dihubungi via seluler, Selasa (27/7/2021).

Dia menyebut, pelantikan itu juga sebagai bentuk tidak membuat kerumunan namun jadwal pelaksanaan tetap berjalan. Sebab, awalnya pelantikan dijadwalkan tanggal 8 Juli lalu. Sehingga, kekosongan di 111 desa itu bisa segera terisi.

“Pelaksanaannya kami juga sudah ijin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan sudah diberikan izin. Yang pasti dilantik 111 kades, dari awalnya 120 desa, tiga desa ditunda dan 6 orang kades meninggal,” ungkap lelaki yang kerap disapa Radit itu.

Terpisah, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengimbau, kades yang dilantik di kantor kecamatan secara virtual ini tidak membawa para pendukungnya. Hal itu dilakukan supaya tidak menimbulkan kerawanan di masa PPKM Level 4.

“Pelantikan yang dilakukan di pendopo hanya perwakilan satu-satu dari masing-masing kecamatan sesuai izin Kemendagri dengan tidak membawa serta rombongan, yang ikut hanya boleh kadesnya saja,” tegasnya.

Untuk 6 desa yang masih kosong, pihaknya menyampaikan sudah merekomendasikan untuk memilih Penjabat (Pj) Ra Latif (sapaan akrabnya) menuturkan, enam desa tersebut akan di ikutkan pilkades bersamaan dengan tiga desa yang gagal sebelumnya di tahun berikutnya.

“Proses Pj sudah kami lakukan, sekarang kami pasrahkan untuk ditunjuk camat masing-masing,” pungkasnya. (ina/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *