oleh

Bupati Bangkalan Resmikan MPP, Ditambah Pelayanan Dokumen Keimigrasian

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Kabar bahagia bagi masyarakat Bangkalan. Pasalnya, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron telah meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di pusat perbelanjaan Bangkalan Plaza, Kamis (3/9/2020),.

Launching dan pembukaan MPP oleh Pemkab Bangkalan itu sebagai salah satu inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Pelayanan publik ini sengaja dibuka di Mall, sehingga nama programnya MPP yang diharapkan dapat memberikan akses yang mudah, efektif dan cepat bagi masyarakat yang ingin mengurus izin.

“Ya ini merupakan salah satu inovasi kami melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Bangkalan,” ujarnya usai membuka secara MPP di Bangkalan Plaza, Kamis (3/9/2020).

Bupati dengan sapaan Ra Latif itu juga menjelaskan, dalam MPP tersebut, pelayanan perizinannya sangat lengkap, termasuk adanya 2 unit pelayanan dari sektor swasta, yakni Bank Jatim dan PDAM. Sedangkan dari instansi vertikal ada Polres Bangkalan, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kejaksaan dan BPJS, dan unit layanan yang ada di 14 perangkat daerah di Pemkab Bangkalan, termasuk didalamnya adalah 13 bidang dan 107 jenis layanan.

“Keberadaan MPP di Kabupaten Bangkalan merupakan tekad dari pemerintah daerah maupun Forkopimda Bangkalan untuk menjawab tuntutan publik atau masyarakat terhadap pelayanan publik yang prima, yakni pelayanan publik yang cepat, efektif, efisien, terintegrasi dan transparan,” terangnya.

Terlebih lagi, pelayanan publik, menurutnya adalah tolak ukur dari keberhasilan kinerja pemerintah. Sebab, keberhasilan dalam membangun kinerja pelayanan publik secara profesional, efektif, efisien, dan akuntabel.

Ke depannya, pihaknya berjanji akan terus mengevaluasi dan membenahi apa saja yang kurang dalam MPP ini, agar mampu memberikan layanan terbaik.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan pelayanan keimigrasian, mengingat banyak masyarakat Bangkalan yang melakukan bepergian haji, umrah hingga TKI ke luar negeri.

“Kebetulan kami punya kenalan untuk penyediaan pelayanan imigrasi di MPP ini, alhamdulillah terealisasi,” katanya.

Pembukaan MPP itu ditandai dengan pengguntingan pita bunga oleh bupati Bangkalan, didampingi oleh segenap Forkopimda Bangkalan. Pada kesempatan tersebut, bupati dan Forkopimda juga langsung meninjau stan-stan pelayanan publik yang ada.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dengan dibukanya MPP ini. Buktinya beberapa stand sudah dipenuhi masyarakat yang mengurus izin, terutama di unit layanan Dispendukcapil yang diserbu masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan,” terangnya.

Terpisah, Kepala DPMPTSP Bangkalan Ainul Ghufron menyampaikan, dengan adanya MPP ini dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Bangkalan. Sehingga, mereka tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam mengurus administrasi.

“Harapan kami masyarakat lebih memanfaatkan MPP ini karena semua pelayanan sudah ada di sini,” pungkasnya. (ina/waw)

Komentar

News Feed