Bupati Bangkalan Salurkan Bantuan untuk Ribuan Korban Banjir

HUMANIS: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menemani Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini membagikan sembako kepada korban terdampak banjir di Blega.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN – Kepedulian Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron terhadap warga Blega patut diacungi jempol. Demi meringankan beban masyarakatnya, orang nomor satu di daerah yang identik dengan slogan Kota Salak tersebut membagikan sembako. Pemberian bantuan itu, bersamaan dengan kedatangan Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini yang juga memantau kondisi banjir di Kecamatan Blega, Selasa (7/12/2021). 

Meski sepatunya harus berlumuran lumpur akibat sisa banjir, bupati yang terkenal humanis ini tidak menghiraukannya. Bahkan tetap bersama warga terdampak. Sebab ingin memastikan bantuan diterima langsung oleh korban banjir. Bahkan sempat menguatkan warga, agar tetap bersabar menerima bencana alam hingga rumahnya harus tergenang air. “Kami akan terus mencarikan solusinya, agar masyarakat ini bisa melakukan aktivitas tanpa terganggu banjir lagi,” ujar Bupati Abdul Latif Amin Imron. 

Menurutnya, intensitas air di sungai Blega harus diupayakan untuk dilakukan pengurangan. Salah satu alternatifnya, akan memberikan program khusus. Berupa pembangunan embung sebagai resapan air. Selain itu, juga akan mengoptimalkan normalisasi sungai di sisi utara. “Intinya kami akan melakukan upaya-upaya untuk menyelesaikan persoalan banjir secara permanen. Salah satunya, akan memperhatikan bangunan yang ada di pinggir sungai,” jelasnya. 

Sekedar diketahui, banjir yang melanda di Kecamatan Blega cukup menggenangi 1.182 rumah. Rinciannya, sebanyak 1.026 rumah di Desa Blega, 52 rumah di Desa Kajjan, 48 rumah di Desa Nyormanis dan 56 rumah di Desa Karang Panasan. “Butuh kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah. Khususnya bangunan yang ada di bantaran sungai. Jangan sampai ada pembangunan, agar nanti tidak mengganggu aktivitas kegiatan pengerukan maupun pembuatan embung,” sarannya.

Disinggung mengenai kedatangan Mensos RI Tri Rismaharini ke daerahnya? pria yang kerap disapa Ra Latif ini menuturkan, kunjungan ibu menteri merupakan bentuk perhatian nyata kepada warga, khususnya di Bangkalan. Pihaknya menghaturkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh mantan Wali Kota Surabnaya. “Alhamdulillah sebanyak 1.128 warga korban bencana banjir telah menerima bantuan dari Mensos berupa sembako, terutama bagi warga yang paling parah di Desa Blega,” tuturnya. 

Reporter: Fain Nadofatul M. 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan