oleh

Bupati Kegiatan Seremonial OPD Dipangkas

Kabarmadura.id/Bangkalan-Guna meningkatkan dan mempermudah pelayanan, serta produktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron meminta agar pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah setempat, untuk memangkas kegiatan seremonial.

“Tugas birokrasi adalah melayani masyarakat, melalui program-program pembangunan yang harus dan mampu dirasakan rakyat,” ujarnya, Senin (2/12/2019).

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan itu mengungkapkan, penekanan untuk mengurangi kegiatan seremonial itu dilakukan sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo, demi memperbaiki birokrasi yang ada.

Dimana Ra Latif (Sapaan akrabnya) mengatakan, harus ada perubahan di lingkungan birokrasi Bangkalan. Khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kinerja para abdi negara.

Terlebih, tugas birokrasi adalah memastikan masyarakat terlayani dengan baik, serta program-program pembangunan betul-betul tersampaikan, dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Dirinya menekankan, mekanisme pelayanan birokrasi pun juga harus lebih baik, cepat dan dipermudah.

“Dengan adanya kemajuan teknologi, cara kerja birokrasi harus berubah. Inovasi teknologi harus bisa mempermudah dan bukan mempersulit pekerjaan,” ujar Ra Latif.

Masih menurut Ra Latif, ASN harus bisa memberikan jalan perubahan dalam birokrasi. Orientasi birokrasi menurutnya harus berubah, dimana birokrasi harus bisa menghasilkan program nyata untuk rakyat. Sebab menurutnya, melayani saja tidaklah cukup, tanpa diimbangi percepatan peningkatan kinerja yang lebih baik.

“Cara-cara melayani yang monoton harus diubah oleh para ASN. Layanan yang ruwet dan berbelit-belit harus dipangkas,” tukasnya. (ina/pin)

Komentar

News Feed