Bupati Komitmen Tingkatkan Kualitas Koperasi

  • Whatsapp
KM IST PRESTASI: Sejumlah anggota koperasi berprestasi diapresiasi langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep berkomitmen untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas koperasi yang tersebar di seluruh wilayah Sumenep. Hal itu karena koperasi merupakan penggerak utama perekonomian masyarakat, di mana hingga hari ini anggota koperasi telah mencapai 65.916 orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim dalam rangka memperingati hari lahir koperasi yang ke-72, Kamis (18/7). Menurutnya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam mengembangkan atau meningkatkan kuantitas serta kualitas koperasi yang berada di Sumenep, yakni reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan.

“Bukan hanya kuantitas tetapi kualitas koperasi-koperasi juga harus ditingkatkan,” katanya Kamis (18/7).

Selain itu orang nomer satu di Sumenep itu juga menjelaskan, reorientasi maksudnya adalah terus meningkatkan kualitas dengan tujuan menggiring anggota yang terbilng cukup pesat itu menjadi peserta yang lebih aktif dari tahun sebelumnya.

Langkah selanjutnya adalah rehabilitasi yaitu memangkas koperasi-koperasi yang bertebaran di Sumenep tetapi produktivitasnya sangat lemah, sehingga dengan langkah tersebut menjadi nilai evaluasi bagi pengelola yang benar-benar serius dalam mengupayakan pengembangan koperasi yang dibinanya.

“Dari 1.590 koperasi di Sumenep, pemerintah daerah akan melakukan revitalisasi terhadap koperasi yang tidak aktif. Pada tahun 2017 ada 320 koperasi yang sudah dibubarkan, sedangkan 26 koperasi tinggal menunggu SK pembubaran,” lanjutnya.

Sebelum menutup sambutannya, bupati dua periode tersebut juga menyampaikan, di era internet of thing ini, koperasi juga harus peka dalam pengembangannya. Misalnya memanfaatkan jasa internet dalam meningkatkan pemasaran dan sosialisasi, sehingga koperasi ini dapat menyasar ke kaum milineal, yang pada akhirnya lahirlah ribun insan koperasi di masa yang akan datang.

Kepala Dinas Koperasi (Diskop) Sumenep Fajar Rahman menyampaikan, pihaknya akan meningkatkan program-program yang dapat membantu meningkatkan kualitas koperasi, salah satunya adalah membina agar koperasi di Sumenep menjadi sehat.

“Sekarang sudah visit Sumenep, jadi koperasi harus tampil memberikan dukungan. Nanti di tempat pariwisata kita akan masuk ke sana, UMKM-UMKM akan kami sebar ke sana juga. Termasuk tempat jualannya kami fasilitasi nanti,” katanya, Kamis (18/7).

Fajar juga menghimbau kepada seluruh koperasi yang ada di Sumenep agar mulai berbenah karena pihaknya sudah mempunyai sistem, sehingga koperasi yang pasif akan tereleminasi dengan sendirinya. (km48/pai)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *