Bupati Pamekasan Awali Penyerahan BLT DD Pertama di Madura

  • Whatsapp
(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PEDULI: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja’e saat memberikan BLT secara simbolis. 

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Kabupaten Pamekasan mencatatkan rekor sebagai kabupaten kedua se-Jawa Timur yang mulai mendistribusikan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD).

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam secara khusus melaunching pendistribusian pertama BLT DD di dua desa, yakni Desa Toket Kecamatan Proppo dan Desa Waru Barat Kecamatan Waru, pada Senin, (27/4/2020).

Bacaan Lainnya

Sebagai awal penyaluran, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja’e memberikan langsung BLT senilai Rp600 ribu secara simbolis kepada warga penerima yang secara ekonomi terdampak wabah Covid-19.

“Pemerintah di kabupaten ini akan terus siaga, untuk memberikan yang terbaik dari berbagai sektor. BLT DD  ini di luar PKH dan bantuan yang lainnya. Masyarakat yang terdampak dan secara katagori layak, mereka mendapatkan jaring pengaman sosial atau social safety net dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan,” paparnya, Senin (27/4/2020).

Bupati yang kerap disapa RBT itu juga menyampaikan, pemberian BLT secara langsung, merupakan hasil koordinasi dengan pemkab dengan pemerintah desa, guna menindaklanjuti instruksi dari pemerintah pusat untuk hadir membantu masyarakat yang kekurangan.

“Saya bertemu dengan lima kepala desa, baru bertemu dengan pemerintah desa yang lain di beberapa kecamatan. Saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada kades Toket, kades Waru Barat, dan seluruh kepala desa yang berkomitmen kuat untuk memberikan bantuan langsung dari dana desa,” ungkapnya.

BLT DD, jelas Baddrut, merupakan wujud kepedulian kades-kades di Pamekasan, sehingga patutu diapresiasi.

“Tanggung jawab kami adalah memastikan seluruh rakyat Pamekasan ikut gembira dengan hadirnya Ramadan dan ikut gembira karena kebutuhannya tercukupi,” terangnya.

Sementara itu, menurut Ibu Temmi, salah satu warga penerima BLT dari Desa Toket Kecamatan Proppo, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pemerintah kabupaten dan pemerintah desa yang telah memberikan bantuan secara langsung, sebab selama dirinya belum pernah mendapat bantuan apapun.

Mator sakalangkong dek ka bapak bupati, bapak kelebun, ampon eparengeh bantuan,” pungkasnya.

Sementara itu, terhadap pendistribusian BLT DD di Pamekasan, makin memantapkan posisi Jawa Timur sebagai provinsi yang paling cepat dalam pendistribusian BLT DD.

Sebelumnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa Jatim telah mengawali penyaluran BLT-DD secara nasional.

“Jawa Timur telah memecahkan rekor,” kata Halim. (rul/bri/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *