oleh

Bupati Pamekasan Bakal Wajibkan Instansi Gunakan Produk Lokal

Kabarmadura.id/PAMEKASAN–Guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam tengah menyiapkan peraturan bupati (perbup) untuk mewajibkan setiap lembaga pemerintahan memanfaatkan produk lokal dalam setiap kegiatan kedinasan.

Dengan adanya perbup tersebut, menurutnya, lembaga pemerintahan setiap kali mengadakan pertemuan ataupun rapat, maka segala hidangan konsumsi akan diharuskan produk lokal yang diproduksi oleh industri kecil menengah (IKM) milik masyarakat Pamekasan.

“Misalnya di hari jadi Kabupaten Pamekasan, ini kita dorong ada perbup baru, semua konsumsi yang kita makan saat rapat-rapat itu harus dari IKM,” ujarnya.

Dengan begitu, dia bakal menyiapkan payung hukum untuk bisa menekan setiap lembaga mengakomodasi produk lokal. Manfaat yang akan dirasakan, menurutnya, setiap produk IKM milik masyarakat Pamekasan dengan sendirinya akan memiliki pasar sendiri dan bisa terbantu.

Hal itu pihaknya lakukan karena untuk memulai suatu perubahan besar harus dimulai dari diri sendiri. Karena itulah, Baddrut ingin memulai itu dan memberikan contoh dari lembaga pemerintah itu sendiri.

“Dimulai dari pemerintahan dulu, sekarang sedang kita godok. Jadi pemerintahan yang memberi teladan itu menjadi bagian dari spirit kita,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Moh. Ali mengapresiasi rencana bupati. Menurutnya, dengan adanya perbup tersebut, maka akan bersinergi dengan usulan perda yang pihaknya susun untuk mengakomodir produk UKM.

Menurutnya, langkah tersebut serasi dengan usulan perda mengenai akomodasi produk IKM agar memiliki tempat khusus di dalam pasar modern. Dalam perbup yang dimaksud, setiap pasar modern diwajibkan mengakomodir produk IKM.

Bahkan pihaknya menargetkan, 30 persen produk yang dijual oleh sejumlah pasar modern di Kabupaten Pamekasan, diharuskan berupa produk IKM lokal. Maka dengan didukung oleh perbup yang dimaksud bupati, maka nasib pelaku UMKM akan terjamin.

“Ini akan bersinergi dengan usulan perda yang kami usulkan di Komisi. Jadi kita mendorong agar UMKM bangkit,” ucapnya. (ali/waw)

Komentar

News Feed