oleh

Bupati Pamekasan: Beasiswa Santri adalah Kado untuk Santri

KABARMADURA.ID, Pamekasan –Menyambut refleksi Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan selalu menggelar agenda rutin, yaitu apel bersama seluruh jajaran Forum Komunikasi Pipmpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan dan segenap santri.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Sosial (Dinkes) Moch. Tarsun membacakan teks pidato Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Tarsun menyampaikan, HSN merupakan momentum penghayatan dan perenungan kaum santri di zaman milenial ini untuk melaksanakan peran-peran strategis dalam membangun bangsa ke depan.

“Sejarah telah menunjukkan betapa besarnya peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, untuk mewujudkan negara yang makmur dan anak bangsa di masa yang akan datang,” ucap Tarsun.

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia yang dikenal dengan resolusi jihad,menurutnya bukan perjuangan yang ringan, sebab para santri tidak hanya berjuang dengan kekuatan senjata atau fisik, tetapi juga perjuangan spiritual yang digelorakan hingga titik darah penghabisan.

Maka dalam masa wabah Covid-19, dia mengajak seluruh santri untuk bersama-sama berperang melawan wabah Covid-19 dengan meningkatan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan, yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

“Jika santri sehat, maka Indonesia kuat,” tegasnya.

Karenanya, Pemkab Pamekasan memberikan perhatian khusus terhadap para santri melalui program strategis, yaitu program beasantri sebagai implementasi dari janji politiknya dengan memberikan beasiswa kepada santri yang tidak mampu dan berprestasi.

“Program ini merupakan kado yang dapat kami persembahkan kepada para santri, dari janji politik yang dijanjikan hanya 1.000 santri kami berikan lebih yaitu untuk 2.000 santri,” pungkasnya. (ali/waw/*)

 

Komentar

News Feed