oleh

Bupati Pamekasan Berharap Desa Mandiri untuk Kejayaan NKRI

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pembangunan di desa bisa bermuara untuk kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Demikian ditegaskan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam acara Silaturrahim Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Gus Abdul Halim Iskandar dengan Kepala Desa dan Lurah se- Pamekasan, Sabtu (1/8/2020) di Lapangan Pegantenan Pamekasan.

Kegiatan tersebut diawali dengan diterimanya Menteri Desa PDTT di Mandhepah Agung Ronggowukowati Pamekasan sekitar jam 07.15 WIB, kemudian Gus Menteri dan Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi di Kecamatan Pegantenan Pamekasan.

Tiba pada sekitar pukul 08.30 WIB, Gus Menteri yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim Itu, disambut dengan musik Ul-Daul khas Madura. Keduanya menaiki alat musik tradisional tersebut sembari diiringi lagu khas Madura.

Setelah itu, disambutlah dengan pembacaan shalawat nabi, yang kemudian ada acara santunan kepada anak yatim piatu.

Menurut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, silaturrahim yang dilaksanakan di lokasi paling tengah di daerah yang dipimpinnya itu, sebagai perwujudan wajah Kabupaten Pamekasan yang sedang berikhtiar berbenah dan berkembang, terus mengusahakan yang terbaik demi terciptanya desa mandiri, desa makmur, menjadi Pamekasan hebat, menuju Indonesia jaya.

“Atas nama Pemkab Pamekasan, saya merasa bangga dan bahagia atas kehadiran Gus Menteri Desa bersama seluruh lurah dan kades di Pamekasan. Kami menyampaikan selamat datang. Harapan kita Gus Menteri terus sehat, terus berjuang, memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Ra Baddrut, panggilan akrab Bupati Baddrut Tamam.

Lebih lanjut, pria yang punya komitmen untuk menjadikan Pamekasan sebagai barometer Kabupaten se- Indonesia itu menilai pembangunan yang dimulai dari desa akan mengenyampingkan beragam ketimpangan sosial yang akan terjadi.

“Mudah-mudahan bisa menfasilitasi dan dapat membantu kita semuanya, membangun desa makmur, desa mandiri, untuk Indonesia jaya,” tuturnya penuh harap sembari diringi tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) itu, juga melaporkan berbagai capaian program yang telah berhasil dilaksanakannya; mulai dari reformasi birokrasi dengan menyediakan Mall Pelayanan Publik (MPP),  bidang pendidikan yang sudah memberikan beasiswa santri kepada sebanyak 2 ribu santri, bidang kesehatan yang sudah meluncurkan pelayanan Pamekasan Call Care (PCC), di bidang Ekonomi telah melatih sebanyak 1.554 orang calon wira usaha baru, dan  pembangunan jalan desa dan jembatan yang bersumber dari dana desa (DD).

“JIka seluruh desa Makmur, insya Allah Pamekasan Hebat. Jika seluruh desa di Indonesia Makmur, insya Allah Indonesia semakin maju dan jaya,”pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT Republik Indonesia (RI), Abdul Halim Iskandar mengaku senang dan bahagia melihat perkembangan percepatan pembangunan Kabupaten Pamekasan yang mulai tampak, berdasar dari rangking sektor pembangunan se-Jatim. Dulunya Pamekasan berada dilevel 31, sekarang sudah bergeser di posisi ke-30.

“Kalau untuk se-Madura, Pamekasan menjadi yang terbaik dari di antara tiga kabupaten lainnya,” ungkap Gus Menteri.

Dia juga mengapresiasi segala terobosan yang telah dilakukan oleh Pemkab Pamekasan. Menurutnya, target pembangunan desa yakni desa tanpa kemiskinan; desa tanpa kelaparan; pendidikan yang berkualitas, dan warga desa harus sehat.

“Yang penting jangan sampai ada warga kita yang miskin, jangan sampai ada warga kita yang kelaparan, dan warga kita harus pinter-pinter semua, dan kesehatanya bagus,” pungkasnya. (rul/nam/*)

 

Komentar

News Feed