oleh

Bupati Pamekasan: Berkurban Dapat Menajamkan Kepekaan Sosial

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Berbagi terhadap sesama dengan berkurban perlu digalakkan. Sebab, berkurban banyak manfaatnya. Salah satunya dapat menajamkan kepekaan diri terhadap lingkungan sosial.

Demikian ditegaskan Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam di sela-sela menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi. Itu dilakukan usai menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Agung As Syuhada Pamekasan, Jumat (31/7/2020).

“Kami mengajak semua lapisan masyarakat dalam momentum ini untuk tidak patah arang terus berkurban untuk kebaikan,” tegas Ra Baddrut, panggilan akrab Bupati H Baddrut Tamam.

Menurutnya, berkurban dapat merefleksi diri untuk terus berjuang menumbuhkan sikap kepekaan terhadap yang terjadi di sekitar lingkungan masyarakat.

“Melalui momentum ini, apa yang telah kita kurbankan akan semakin menambah kepekaan sosial kita kepada warga tidak mampu. Ibadah kurban tidak saja berdimensi spiritual, tapi juga sosial,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, dari hari raya Idul Adha banyak keteladanan yang perlu dijadikan rujukan. Terutama tentang keikhlasan Nabi Ibarahim yang telah dengan sepenuh hati mengikuti perintah Allah.

“Semoga pegorbanan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail mengalir kepada perilaku kita semua. Atas nama Pemerintah Kabupaten Pamekasan beserta staf dan keluarga, kami mengucapkan selamat hari raya Idul Adha,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkab meyalurkan hewan kurban ke beberapa Yayasan; dengan jumlah 65 kambing dan 13 ekor sapi.

Dalam penyerahan hewan kurban di Masjid Jamik Asy-Syuhada’, Ra Baddrut didampingi Wakil Bupati (Wabup) Raja’e, Sekretaris daerah (Sekda) Totok Hartono, Forkopimda dan disaksikan ratusan jamaah shalat Idul Adha. Kurban tersebut diterima diterima langsung oleh Ketua Takmir Masjid Asy Syuhada KH. Ach. Baidawi Absar.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 di Masjid Asy-Syuhada’ tetap memberlakukan standar protokol Kesehatan. Itu sesuai anjuran dan imbauan pemerintah pusat. (rul/nam/*)

 

Komentar

News Feed