oleh

Bupati Pamekasan Genjot Pembenahan IKM

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menegaskan akan memfasilitasi para industri kecil menengah (IKM) untuk dipasarkan secara online  maupun offline. Kondisi itu, sesuai dengan program prioritas yakni akan meningkatkan wirausaha baru (WUB) untuk membangun perekonomian berbasis masyarakat.

Menurutnya, wujud kerjasama yang dilakukan Badan Pengembangan Wilayah Madura-Surabaya (BPWS) dalam melatih IKM sangat diapresiasi, karenanya ia merasa sangat terbantu dengan penguatan sumber daya manusia (SDM) para IKM.

“Komitmen Pemerintah Pamekasan dan BPWS sudah sama, kami punya prioritas IKM UKM di kabupaten ini, BPWS melatih packagingnya, pelatihan keahliannya, sehingga atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada BPWS,” ungkapnya Senin (26/10/2020).

Dijelaskan, pemkab memiliki skema untuk meningkatkan kesejahteraan para IKM, diantaranya; skema pelatihan, sumber daya, alat dan membantu para IKM dalam memperoleh kemudahan modal usaha dengan bunga 1 persen. Sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Biasanya IKM itu bunganya 6 persen dalam program KUR (kredit usaha rakyat), 1 persen saja yang dibayar, jadi kalau butuh modal, sumber daya sudah dilatih, mesin sudah ada, butuh tepung butuh apa, kami kerjasama dengan perbankan, kalau pinjem 1 juta cukup bayar bunga 1 ribu,”paparnya

Diakuinya, untuk skema keuangan tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia. Hal itu sebagai bentuk komitmen pemkab untuk mendorong penguatan ekonomi masyarakat, dengan memberikan kemudahan kepada pegiat IKM.

“Tahun 2021 Kabupaten Pamekasan akan punya toko milik rakyat yang keseluruhannya akan dikerjasamakan dengan rakyat, seluruh IKM akan kami tampung barangnya disitu, baru kemudian di beberapa tempat akan kami dorong juga pemasaran online dan kerjasama dengan toko modern yang lain,” ungkapnya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk bisa memproduksi hasil dengan kualitas yang bagus, agar bisa berdaya saing dengan produksi IKM lainnya di Indonesia. “Ayo bersama-sama pastikan bahwa IKM di Kabupaten Pamekasan semakin bagus,” ajaknya. (rul/ito/*)

Komentar

News Feed