Bupati Pamekasan: Program Wirausaha Baru Mampu Mendongkrak Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp
(FOTO: Km/khoyrul umam syarif) CEMERLANG: Bupati menegaskan, perlu cara baru yang tepat untuk membangkitkan ekonomi di tengah Covid-19..

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Bupati Pamekasan Baddrut Tamam berkeyakinan, program wirausaha baru (WUB) yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan  dinilai mampu mendongkrak ekonomi masyarakat. Terutama  dalam menghadapi merosotnya nilai jual dan daya beli masyarakat akibat Covid-19.  Program WUB  di antaranya memberi pelatihan secara berkelanjutan, memfasilitasi akses permodalan melalui dana channeling dengan cara-cara baru yang dipadukan dengan market place kekinian.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, pada forum diskusi webinar yang diselenggarakan oleh Komunitas Cinta Bangsa dengan tema “Bangkit dari Pandemi dan Resesi Membangun Spirit Digitalpreneur Milenial yang Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Saing di Tengah Covid-19,” yang berlokasi di Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Menurut Bupati Pamekasan  Baddrut Tamam, tantangan dari pertumbuhan ekonomi di tengah Covid-19 harus dihadapi dengan cara-cara baru yang lebih inovatif, kreatif, dan kecepatan dalam bertindak. Kabupaten berjuluk Gerbang Salam ini memilih strategi desa tematik sesuai dengan potensi desa yang bisa dikembangkan. Demikian pula dengan dilatihnya pengusaha baru bisa saling menguatkan terciptanya lapangan pekerjaan baru. Namun, hasil pelatihan yang telah diberikan tidak cukup. Sebab itu, pemkab menyediakan lokasi milenial talent hub agar mudah memotivasi generasi muda   berpikir keras mengasah setiap potensi yang dimiliki.

“Melalui strategi desa tematik, kita dorong beberapa sumber daya manusia di desa itu, untuk memiliki produk ekonomi yang bisa menjadi startup di setiap desa, baru nanti kita bantu alat. Misalkan sudah bisa membuat songkok atau makanan, tentu perlu modal, dengan dikerjasamakan dengan perbankan agar diberikan akses permodalan tanpa bunga,” paparnya

Baddrut juga menegaskan, dalam merealisasikan berbagai terobosan agar bangkit dari keterpurukan ekonomi, perlu adanya kerja sama dari semua elemen masyarakat dan pemerintahan, supaya rencana dan program kerja yang baik bisa dilaksanakan dengan ikhtiar yang baik pula.

“Prinsipnya, cara baru dilakukan untuk membuat model pendekatan baru, dengan harapan bisa memberikan kemaslahatan untuk kebangkitan ekonomi masyarakat,” tukasnya. (rul/km58/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *