oleh

Bupati Pastikan Pemilihan BPD 15 November

Kabarmadura.id/Bangkalan-Setelah sempat ditunda berkali-kali, Pemilihan Badan Pengawas Desa (BPD) akhirnya mulai menemui titik terang. Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron berjanji pemilihan akan dilaksanakan pada tanggl 15 November.

“Saya pastikan tanggal 15 nanti pemilihan serentak ini bisa dilakukan,” janjinya, Senin (11/11).

Dirinya mengakui, bahwa penundaan dilakukan karena para pejabat tinggi Bangkalan akan ke Jakarta menghadiri undangan Kemendagri. Ra Latif (sapaan akrabnya) juga menegaskan, bahwa tidak ada pemilihan BPD selain tanggal 15.

“Pemilihan BPD ini kan bisa dilakukan musyawarah dan dipilih langsung. Kalau ada yang bilang BPD sudah terbentuk sebelum tanggal 15 itu masih belum. Penetapan dan pemilihan dilakukan tanggal 15 nanti,” terangnya.

Lebih lanjut, Ra Latif menyampaikan, jika di suatu desa tersebut melakukan pemilihan BPD melalui musyawarah, menurutnya, sah-sah saja jika sudah ada nama calon anggota BPD baru. Namun, tahapannya masih ada tahapan penetapan pada tanggal 15 November mendatang.

Sedangkan untuk memperlancar pencairan Dana Desa atau Alokasi Dana Desa (DD/ADD) tahap III dirinya sudah memperpanjang Surat Keterangan (SK) perpanjangan anggota BPD lama sampai pemilihan dan penetapan BPD baru dilaksanakan.

“Sudah, sudah kita perpanjang untuk mengatasi hal tersebut,” paparnya.

Di tempat terpisah, Dewan Penasehat Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jawa Timur, Munawwar menyampaikan, karena pemilihan BPD ditunda beberapa kali pelaksanakan musrenbang desa (Musdes) program tahun 2020 tidak bisa dilakukan.

Padahal, masih menurut lelaki yang menjabat kepala Desa Rosep, Kecamatan Blega ini, tanpa BPD yang definitif tidak bisa melaksanakan musdes, meskipun sudah waktunya dilaksanakan.

“Ya harus segera dilaksanaka, jangan ditunda-tunda agar program yang ada di Desa yang melibatkan BPD tidak terhambat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemilihan BPD sempat ditetapkan pada tanggal 9 Oktober dan ditunda setelah pelantikan presiden, yakni tanggal 11 Oktober dengan dali keamanan. Namun, lagi-lagi ditunda ke tanggal 13 November. Kali ini, Pemkab Bangkalan lagi-lagi menunda pemilihan BPD ke tanggal 15 November 2019 dengan dalih pejabat penting di Bangkalan diundang Kemendagri. (ina/pai)

 

 

 

Komentar

News Feed