oleh

Bupati Sampang Janji Realisasi Jalan Lingkar Selatan

Kabarmadura.id/SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang berencana akan merealisasikan megaproyek Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang sempat terhenti beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sampang, Slamet Junaidi. Ia mengatakan, tahun ini proyek JLS yang menghubungkan lingkar luar Kota Sampang tersebut segera dimulai, bahkan sejumlah titik lokasi pembangunan mulai menunjukkan prospek dari hasil pembebasan lahan.

“Sebenarnya ini proyek lama untuk diteruskan, kami berkomitmen untuk terus melakukan percepatan pembangunan guna menciptakan pertumbuhan dalam berbagai sektor lainnya,” katanya.

Dikatakannya, JLS tersebut nantinya akan menjadi jalur utama kendaraan yang memiliki berat beban di atas rata-rata, sehingga dengan mengalihan jalur tersebut diyakini mampu meminimalisir terjadinya kerusakan jalan di jalur jantung kota Sampang.

“Insyaallah tahun ini mulai terlaksana, karena fokus kami hanya untuk pembebasan lahan, untuk proyek bangunannya yakni dari pemerintah pusat langsung,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kajian Kebijakan, Analisis dan Advokasi Anggaran Strategis (LeKKAAS) Kabupaten Sampang, Puji Raharjo mengatakan, sudah lebih dari 10 tahun realisasi JLS hingga kini tidak pernah ada geliat akan dimulai. Sehingga pihaknya mendedak agar dilakukan percepatan pembangunan JLS dengan mempercepat proses pembebasan lahan sehingga prospek pembangunannya tidak dianggap sia sia.

“Saya melihat proses pembebasan lahannya sudah berjalan dan tinggal puluhan KK saja yang belum dibebaskan, artinya proses ini tidak boleh terhenti, dan cepat terealisasi dengan maksimal,” katanya.

Ia juga mengatakan, dengan terealisasinya JLS tersebut nantinya ada dasar dana pusat diturunkan ke Pemkab Sampang untuk menyokong megaproyek lingkar luar Kota Sampang tersebut.

“Nah Pemkab Sampang dari awal difokuskan untuk proses pembebasan lahan, untuk fisik proyeknya nantinya jelas akan menggunakan dana pusat,” tegasnya.(awe/pai)

Komentar

News Feed